Apa Benar Diabetes Mempengaruhi Kesuburan Wanita? Ini Kata Dokter

Apa Benar Diabetes Mempengaruhi Kesuburan Wanita? Ini Kata Dokter

Test Pack, Image oleh Julia Fiedler dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Apakah wanita yang menderita diabetes tetap bisa memiliki anak atau keturunan, adalah sebuah pertanyaan yang dilontarkan orang di forum Tanya Dokter.

Menanggapi pertanyaan itu, dr. Riza Marlina pun menjawab.

Menurut dr. Riza Marlina, memang benar bahwa diabetes dapat menyebabkan masalah kesuburan, mempengaruhi kemampuan wanita untuk hamil.

“Diabetes merupakan suatu penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah. kadar gula dalam darah meningkat akibat tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin yang cukup atau juga akibat tubuh resisten terhadap aksi hormon insulin”.

“Resistensi insulin ini dapat bisa mempengaruhi kesuburan sehingga sulit untuk hamil,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Akan tetapi, dr. Riza Marlina juga menambahkan bahwa bukan hanya diabetes yang bisa mempengaruhi seorang wanita untuk hamil.

Selain karena tidak aktif intim dan masih dalam program KB, stress, kegemukan dan kelelahan dapat jadi penyebab wanita sulit hamil.

Meski begitu, dr. Riza Marlina juga menekankan bahwa meski diabetes, seorang wanita masih bisa tetap hamil dengan cara kontrol gula darah.

“Jika Anda mengalami penyakit diabetes tetap bisa hamil maka pastikan kadar gula dalam darah anda sudah terkontrol dengan konsumsi obat dari dokter”.

“Anda juga bisa melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menunjang keberhasilan program hamil,” tutupnya.

Risiko Kehamilan di Usia Tua

Menurut ahli, via Alodokter, mereka yang hamil di usia tua adalah mereka yang mengandung pada usia di atas 35 tahun.

Pada usia tua, hamil akan menjadi proses yang penuh risiko. Berikut ini beberapa risiko hamil di susia tua yang perlu diketahui:

1.    Kelainan genetika pada bayi
2.    Risiko keguguran
3.    Risiko melahirkan bayi secara prematur
4.    Komplikasi kehamilan
5.    Proses melahirkan dengan cara caesar

Meski begitu, para ahli mengatakan, jika dijalani dengan persiapan, pengawasan dan perawatan kehamilan yang benar, mereka yang hamil di usia tua tetap bisa menjalani proses kehamilan dengan sehat.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: