Rusia Stop Pasokan Gas ke Eropa, Imbasnya Luar Biasa

Rusia Stop Pasokan Gas ke Eropa, Imbasnya Luar Biasa

Ilustrasi alur pasokan gas dari Rusia ke Jerman--euronews

(BACA JUGA:'One Step Closer' Kata Kahiyang Sambil Unggah Foto Kaesang dan Erina Gudono, Putra Bungsu Jokowi Mau Menikah?)

(BACA JUGA:Viral Video Oknum PJR Diduga Palak Sopir Pikup Rp500 Ribu, Cek Faktanya Disini)

Mata uang lain yang rentan terhadap kenaikan harga energi juga berguguran. Pada awal perdagangan, poundsterling menyusut setengah persen ke level terendah dua setengah tahun di USD1,1444, dengan trader juga mencermati terpilihnya perdana menteri Inggris yang baru, Liz Truss.

Indeks Dolar (Indeks DXY), yang mengukur  greenback  terhadap sekeranjang enam mata uang, sempat mencapai 110,27, terkuat sejak Juni 2002 karena euro jatuh. Kemudian jatuh kembali dan terakhir turun 0,2 persen di 109,74.

Dalam pekan yang besar bagi euro, investor juga bersiap untuk pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB), Kamis, dan pasar memperkirakan peluang hampir 80 persen untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin (bp).

Pejabat ECB akan tertarik untuk melihat euro, yang kehilangan sekitar 8 persen dari nilainya dalam tiga bulan terakhir, kembali stabil. Itu akan menambah keinginan untuk mencoba menjinakkan inflasi melalui kebijakan pengetatan.

(BACA JUGA:Katanya Harga Lebih Murah Tapi BBM Revvo 89 di Seluruh SPBU Vivo Bekasi Kosong, Pengendara pun Auto Kecewa )

(BACA JUGA:Akhirnya Polri Beberkan Hasil Penyelidikan Dugaan Perselingkuhan Putri Candrawathi dengan Kuwat Ma'ruf)

Mata uang lain yang cenderung berkinerja buruk ketika kepercayaan pasar terguncang juga tumbang pada sesi Senin. Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko turun sebanyak 0,5 persen menuju level terendah tujuh minggu di USD0,6773.

Daya tarik dolar sebagai  go-to currency  tahun ini membantunya naik bahkan terhadap mata uang  safe-haven. Dolar naik menjadi 140,59 yen Jepang.

Yuan di pasar  offshore  tergelincir ke level terendah dua tahun di 6,9543 per dolar, karena kekhawatiran atas tindakan penguncian Covid-19 di China.

Pusat teknologi di sebelah selatan China, Shenzhen, mengatakan akan mengadopsi langkah-langkah pembatasan anti-virus berjenjang mulai Senin, sementara Chengdu mengumumkan perpanjangan pembatasan penguncian, ketika negara itu bergulat dengan wabah baru. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: