Kemenkominfo Buka HUB.ID Wadahi Startup Raih Pendanaan

Kemenkominfo Buka HUB.ID Wadahi Startup Raih Pendanaan

Startup, Ilustrasi oleh Penguinworks dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kemenkominfo buka HUB.ID Summit yang mewadahi startup-startup atau perusahaan rintisan untuk meraih pendanaan, guna pengembangan bisnis dan teknologi.

"HUB.ID Summit akan menjadi acara rutin yang akan berfokus pada business matchmaking mempertemukan startup digital dengan modal ventura serta rekanan bisnis,” kata I Nyoman Adhiarna di Nusa Dua, Bali, Senin (5/9).

“Acara ini juga diharapkan bisa meningkatkan pengenalan terhadap potensi perusahaan rintisan dan ekonomi digital Indonesia di mata para modal ventura internasional," sambung Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika itu.

HUB.ID Summit, kata I Nyoman, adalah puncak dari rangkaian program inkubasi dan akselerasi yang sebelumnya sudah dilaksanakan terlebih dahulu sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa untuk menjadi peserta HUB.ID Summit 2022 ini, para perusahan rintisan telah menjalani kurasi dan harus memenuhi kriteria sebagai perusahaan rintisan yang sedang mencari pendanaan, dan saat ini tengah berada di tahap Preseed hingga Preseries A.

Dan setelah melalui proses kurasi, terdapat 80 perusahaan rintisan yang memenuhi kriteria. Puluhan startup ini datang dari lima sektor bisnis yaitu enterprise and goverment technology, agriculture technology, health technology, social commerce and SME enablers, dan Web 3.0.

Semuanya, kata I Nyoman, nantinya akan menjalani pertemuan bisnis dengan 80 modal ventura serta rekanan bisnis lainnya.

"Lewat program ini saya juga berharap bahwa perusahaan rintisan digital Indonesia bisa mengembangkan bisnis mereka dan memaksimalkan potensi penuhnya. Karena pengembangan ekosistem startup digital merupakan salah satu kunci mengakselerasi transformasi digital terutama dalam mendukung ekonomi digital di Indonesia," ujar Nyoman.

Dalam HUB.ID Summit 2022 diharapkan ada lebih dari 800 pertemuan bisnis yang dimanfaatkan para perusahaan rintisan untuk membuka jaringan dan meraih kesempatan pendanaan dari para modal ventura.

Sebelumnya HUB.ID juga telah menjadi wadah di 2021 untuk para startup di Tanah Air mendapatkan pendanaan mengembangkan bisnis mereka dalam ajang bertajuk HUB.ID Accelerator 2021.

Ada 16 perusahaan rintisan yang menerima pendanaan dengan total 16,65 juta Dolar AS untuk mengembangkan bisnis mereka.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: