Punya Berat Badan Normal tapi Alami Keringat Berlebihan? Ini Kata Dokter

Punya Berat Badan Normal tapi Alami Keringat Berlebihan? Ini Kata Dokter

Keringat, Image oleh un-perfekt dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda punya berat badan normal tapi tubuh Anda kerap mengeluarkan keringat berlebihan?

Menurut ahli, keringat secara berlebihan bisa disebabkan oleh hiperhidrosis primer, yang kemungkinan disebabkan oleh faktor keturunan di keluarga.

Jika bukan karena faktor keturunanan, maka kondisi ini disebut hiperhodrosis sekunder.

(BACA JUGA:Badan Berkeringat padahal Cuaca Lagi Dingin? Ini Nama Kondisinya)

“(Penyakit seperti) diabetes, hipertiroidisme, asam urat, menopause, obesitas, kanker, efek samping obat/suplemen (adalah penyebabnya), kata dr. Fadhilah Az Zahro, CIMI seperti dikutip dari Alodokter.

Akan tetapi menurut dr. Fadhilah, keringat berlebihan yang ditunjukan seseorang ini termasuk normal, apabila pemicunya adalah dikarenakan faktor emosiona.

“Terlalu bersemangat, gugup, dan takut atau cemas adalah faktor yang dimaksud. Selain itu banyak bergerak, kepanasan, atau makan makanan pedas adalah penyebab lainnya,” jelas dia.

Terkait dengan cara penanganan keringat berlebihan ini menurut dr. Fadhilah, akan sangat tergantung dari kondisi yang mendasainya.

“Menghindari pencetus, menggunakan produk mengandung aluminum chloride, menggunakan teknik relaksasi (adalah beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini)”.

Keringat berlebihan kata dr. Fadhilah, dapat diatasi dengan menjalani beberapa jenis terapi, bisa itu melibatkan obat-obatan, suntik botox, lonthoporesis, terapi gelombang mikro, dan lainnya.

Telapak Tangan Berkeringat Ciri Penyakit Jantung?

Anda mungkin pernah mendengar kata orang yang menyebutkan bahwa, orang yang punya telapak tangan berkeringat itu punya masalah dengan jantungnya.

Pertanyaannya, apa benar orang yang punya telapak tangan berkeringat pasti punya penyakit jantung?

Jawabnya menurut ahli, via Alodokter, tidaklah seperti demikian. kata dr. Fadhilah Az Zahro, CIMI, mereka yang punya telapak tangan berkeringat itu menandakan kondisi bernama primary focal hyperhidrosis.

Sementara mereka telapak tangannya berkeringat bisa dikatakan normal, apabila keringat itu diproduksi akibat stimulasi oleh saraf ketika seseorang tengah bersemangat, gugup, cemas atau takut.

Mereka yang banyak bergerak, sedang kepanasan atau makan makanan pedas juga normal-normal saja jika telapaknya berkeringat.

Namun apabila orang ragu tentang kondisi yang mereka derita, terkait telapak tangan berkeringat ini, dr. Fadhilah menganjurkan konsultasi langsung dengan dokter.

“Apabila anda ragu terkait keluhan tangan anda yang sering berkeringat, maka anda dapat mengkonsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat,” tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: