Tinja Lembek Pertanda Kanker Usus? Ini Kata Dokter

Tinja Lembek Pertanda Kanker Usus? Ini Kata Dokter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seseorang bertanya pada dokter soal keluhan yang ia rasakan. Dalam pengakuannya, ia mengalami masalah pada pencernaannya.

Akibatnya, poop atau tinja yang ia keluarkan terlihat lembek dan sudah berlangsung selama dua pekan lamanya.

Pertanyaannya, apakah mengalami tinja lembek selama dua pekan menandakan kondisi yang serius, kanker usus salah satunya?

Jawabnya menurut dr. Tirtawati Wijaya, tinja yang lembek tidak selalu harus dikaitkan dengan kanker usus pada manusia.

Menurut dia, ada banyak pemicu yang bisa menyebabkan tinja terlihat lembek.

“(Tinja lembak) tidak melulu karena kanker usus besar,” kata dr. Tirtawati Wijaya seperti dikutip FIN dari Alodokter. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bab-lembek-sudah-2-minggu-apakah-gejala-awal-kanker-usus

Tinja yang lunak konsistensinya dapat disebabkan berbagai hal, seperti akibat makan minum yang mengandung kafein, alcohol, fruktosa, dan lainnya.

Mereka yang keracunan makanan, punya kondisi seperti intoleransi laktosa, dapat mengalami tinja lembek.

Mereka yang dalam proses medikasi, juga bisa mengeluhkan tinja lembek, sebagai efek dari obat yang diminum.  

“Gangguan keseimbangan hormon misalnya, karena kurang tidur, stress emosional, siklus hormonal, dll (juga bisa sebabkan tinja lembek),” tambahnya.

Dan untuk tidak berspekulasi, mereka yang mempunyai keluhan tinja lembek, disarankan untuk memeriksakan kondisi mereka langsung ke dokter.

“Untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya tinja lunak yang Anda alami, coba ingat ingat apa yang Anda konsumsi di sekitar waktu terjadinya tinja lunak tersebut”.

“Bila Anda kesulitan untuk menemukan kemungkinan penyebabnya, periksakan diri Anda ke dokter. Mungkin saja tinja lunak disebabkan hal lain yang membutuhkan penanganan medis seperti ulcerative colitis, hyperthyroid, dll,” tutup dr. Tirtawati Wijaya.

Minum Kopi Berpotensi Cegah Kanker Usus

Rutinitas minum kopi sudah sejak lama dikaitkan dengan dengan beberapa benefit sehat.

Beberapa studi menunjukan jika kebiasaan minum kopi, dapat membantu memangkas risiko orang kena diabetes di kemudian hari.

Namun taukah Anda, beberapa studi lainnya menemukan bahwa kebiasaan minum kopi, juga dapat memangkas risiko orang terkena kanker, di hari kemudian.

Menurut temuan ahli, via laman organisasi Cancer, minum kopi disebut dapat memangkas risiko kanker kepala dan leher, kanker usus besar dan rektal, kanker payudara dan kanker liver.

Benefit ini didapat peminum kopi, dari kandungan kafein, flavanoid, lignan dan beberapa jenis polifenol yang juga ditawarkan kopi.

Memiliki kemampuan untuk meregulasi perbaikan DNA dalam tubuh manusia, dan memiliki sifat anti radang, membuatnya begitu menyehatkan untuk dikonsumsi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: