Lima Sekawan

Lima Sekawan

--

Sebagian besar pengusaha Tionghoa Indonesia punya leluhur di sekitar Xiamen. Waktu itu pertumbuhan ekonomi Xiamen di level 20 persen/tahun. Hampir tidak masuk akal. Selama lebih 20 tahun.

Bisa juga dilihat tokoh satu ini: Guo Shuqing. Umur 66 tahun. Kini Shuqing adalah pengendali kebijakan perbankan dan asuransi. Ia juga pernah menjadi gubernur salah satu provinsi termiskin di pedalaman: Guizhou. Provinsi itu berubah total di masa Shuqing.

Xi Jinping lah yang akan menentukan siapa lima orang itu –termasuk yang menentukan dirinya sendiri. Tapi Xi tetap memegang teguh prinsip meritokrasi –menentu kemajuan Tiongkok 40 tahun terakhir.

Ada empat kriteria untuk menjadi anggota politbiro: secara politik teguh, secara profesional ia kompeten, secara integritas sangat tinggi dan bisa dipercaya oleh rakyat.

Boleh dikata nasib Perdana Menteri Li Keqiang kurang husnul khotimah. Di tiga tahun akhir masa jabatannya ekonomi terus merosot. Padahal masa mudanya luar biasa. Ketika menjadi wali kota Dalian, kota itu seperti disulap. Dari kota miskin menjadi kota modern dan cantik. Dalian adalah inspirasi untuk modernisasi kota-kota di seluruh Tiongkok.

Ketika Li Keqiang menjadi gubernur Liaoning, ia mencatat prestasi tertinggi. Jalan tol pertama di Tiongkok, Li Kiqiang yang membangun. Antara Dalian dan Shenyang, ibukota provinsi. Sepanjang 300 km. Sejak itu jalan tol menjadi model yang di-copy dengan kecepatan tinggi. Untuk seluruh negeri.

Secara umur Li Keqiang baru 67 tahun. Masih bisa terpilih. Tapi nasibnya terserah konstitusi –dan terutama terserah Xi. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Nilai 95

5 hari

Madinah Kafe

2 minggu

Somasi RBT

2 minggu

Gaza Rock

3 bulan

Gaza Ben

3 bulan