Menkominfo Bicara soal Pentingnya Jaringan Berkecepatan Tinggi di Indonesia

Menkominfo Bicara soal Pentingnya Jaringan Berkecepatan Tinggi di Indonesia

Internet, Image oleh Mudassar Iqbal dari Pixabay--

NUSA DUA, FIN.CO.ID - Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan tentang esensialnya jaringan berkecepatan tinggi di Indonesia.

Menurut Johnny, jaringan berkecepatan tinggi penting dimiliki oleh Indonesia untuk urusan penelitian dan pendidikan.

“Di tengah dunia yang saling bergantung dan saling berhubungan ini, jaringan berkecepatan tinggi sangat penting untuk meningkatkan kegiatan penelitian dan pendidikan yang lebih maju,” kata Johnny G. Plate di Nusa Dua, Bali.

Kebutuhan jaringan berkecepatan tinggi ini, lanjutnya, terakomodasi dalam nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani antara Indonesia melalui Universitas Brawijaya (UB), dan Indonesia Research and Education Network (IdREN) dengan Jepang melalui Arterial Research and Educational Network in the Asia Pacific (ARENA-PAC).

Kerja sama ini di dalamnya menyepakati soal operasi dan pengembangan jaringan berkecepatan 100 Gbps, untuk kegiatan seperti penelitian dan pendidikan.

Jaringan ARENA-PAC menghubungkan IdREN dengan UB sebagai gerbangnya.

Jaringan akan melalui Guam hingga ke Tokyo dan ke sejumlah lokasi lainnya.

Kehadiran jaringan ini akan memungkinkan perguruan tinggi yang telah terhubung di IdREN, untuk dapat melakukan pertukaran data dengan cepat antar lembaga riset dan pendidikan lain di luar negeri.

Johnny mengatakan penandatanganan MoU itu menandai babak baru dalam ekosistem penelitian dan pendidikan Indonesia yang lebih adaptif, inovatif, dan produktif, terutama melalui kolaborasi.

Di era tanpa batas seperti saat ini, Johnny menilai kolaborasi antar-negara tidak dapat dielakkan dan penting untuk memecahkan masalah multi disiplin yang kompleks.
“Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyambut gembira inisiatif ini,” katanya.

Johnny menambahkan pihaknya juga menyambut baik upaya yang lebih sinergis untuk melengkapi program pemerintah dalam menghadirkan konektivitas melalui penggelaran infrastruktur digital yang setara dan inklusif di seluruh tanah air.

Ia juga berharap infrastruktur jaringan tersebut dapat memulai fase operasionalnya tepat waktu sesuai target awal yang ditetapkan pada kuartal keempat tahun ini. Dengan begitu, infrastruktur dapat semakin memberdayakan fasilitas penelitian di seluruh Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: