Wow Prabowo dan Ganjar Jadi Capres Favorit di Jawa Timur, Khofifah dan Risma di Urutan...

Wow Prabowo dan Ganjar Jadi Capres Favorit di Jawa Timur, Khofifah dan Risma di Urutan...

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan--diolah berbagai sumber

JAKARTA, FIN.CO.ID - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut-sebut bersaing ketat dalam bursa Calon Presiden (Capres) 2024.

Hal tersebut berdasarkan data yang disampaikan Lembaga Surabaya Survey Center (SSC). 

(BACA JUGA: Survei Pilpres 2024 Terbaru, Pasangan Anies-Puan atau Prabowo-Anies Unggul )

"Keduanya secara elektabilitas menjadi favorit di Jawa Timur," ujar Direktur SSC Mochtar Wahyu Oetomo, Senin 29 Agustus 2022.

Berdasarkan hasil survei, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 25 persen, disusul Prabowo Subianto dengan perolehan 18,2 persen.

Selain Ganjar dan Prabowo, turut bersaing nama-nama lainnya, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, termasuk Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Kendati ada nama-nama lain, kata dia, namun persentasenya masih jauh tertinggal oleh Ganjar dan Prabowo.

(BACA JUGA:Pengamat: Prabowo Ganjal Anies Baswedan dan Muluskan Kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024)

Rinciannya, Khofifah dan Anies memperoleh hasil 7,5 persen, kemudian Tri Rismaharini 5,8 per

Sedangkan, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, seperti Ridwan Kamil dengan capaian 4,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,5 persen, Puan Maharani 3,3 persen, Erick Thohir  2 persen, Sandiaga Uno, dan Muhaimin Iskandar keduanya 1,8 persen.

Kemudian, Mahfud MD 1 persen, Airlangga Hartanto dengan 0,8 persen, Hari Tanoesoedibjo dan Gatot Nurmantyo keduanya 0,4 persen, Surya Paloh ada 0,2 persen, sedangkan Moeldoko 0,1 persen.

Kendati demikian, pria yang juga dosen Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur,  tersebut menyampaikan untuk bursa calon presiden tetap terbuka dan masih banyak waktu bagi kandidat lain guna meningkatkan elektabilitasnya.

(BACA JUGA:Pada Warga Jawa Barat, Jokowi Pesan: Bisiki Saya Jika Sudah Ada Calon Capres)

"Di survei kali ini masih ada 15,1 persen yang belum menentukan pilihan, tentunya ini bisa mengubah elektabilitas capres, tergantung siapa yang bisa memikat hati masyarakat Jatim," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: