Apa Boleh Makan Daging Kambing dan Sapi jika Punya Asam Urat?

Apa Boleh Makan Daging Kambing dan Sapi jika Punya Asam Urat?

Sate Kambing, Image oleh oleh Ali Burhan dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Konsumsi daging adalah salah satu jenis makanan yang perlu dibatasi jika seseorang menderita asam urat.

Beberapa jenis daging, seperti daging sapi, daging kambing dan daging ungas adalah beberapa jenis daging yang wajib dikontrol konsumsinya.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali. Menurut ahli, via Alodoker, konsumsi daging di atas aman selama mengikuti anjuran.

(BACA JUGA:Dua Cara Manfaatkan Air Jahe untuk Atasi Asam Urat, Dikompres dan Diminum)

Ya, penderita asam urat bisa makan daging sapi, kambing dan unggas selama semua daging ini dimakan tanpa lemak, atau menghindari bagian lemaknya.

Terkait seberapa banyak daging sapi, kambing dan unggas yang aman dikonsumsi penderita asam urat, adalah sekitar 100 gram per harinya.

Dengan mengontrol apa yang dimakan setiap harinya, penderita asam urat tetap bisa menikmati makan, namun sekaligus menghindari kerusakan persendian.

Selain jaga makan, penderita asam urat juga diwajibkan rutin olahraga, fungsinya untuk mencegah kadar asam urat naik, menyebabka keluhan yang tidak menyenangkan.

Daging yang Paling Tinggi Kolesterolnya

Kebanyakan orang mungkin akan mengira jika daging sapi dan kambing, adalah daging dengan kolesterol tertinggi.

Namun menurut faktanya tidaklah demikian. Daging unggas, dalam hal ini ayam, ternyata adalah daging dengan kolesterol tertinggi.

Berikut kandungan kolesterol pada daging per 100 gramnya, dari yang tinggi ke yang paling rendah, sebagaimana diungkap ahli via Alodokter:

1.    Yang paling tertinggi adalah daging ayam, khususnya ayam bagian paha dengan kadar kolesterol mencapai 135mg per 100 gram daging ayam.
2.    Di posisi kedua ada daging domba dengan kadar kolesterol mencapai 110mg per 100 gramnya.
3.    Daging sapi (sirloin) memiliki kandungan 90mg kolesterol di setiap 100 gramnya.
4.    Daging domba mengandung 110 mg kolesterol.
5.    Daging sapi (potongan sirloin) mengandung sekitar 90 miligram,
6.    Daging dada ayam tanpa kulit (85mg)
7.    Daging sapi tanpa lemak adalah 65mg

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: