Jempol Kaki Penderita Diabetes Menghitam, Awas Risiko Amputasi

Jempol Kaki Penderita Diabetes Menghitam, Awas Risiko Amputasi

Jempol Kaki, Image oleh iGlobalWeb dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengeluhkan jempol kaki menghitam. Anda sendiri seorang penderita diabetes.

Pertanyaannya, adakah kaitan antara jempol kaki yang menghitam dengan diabetes?

Menurut ahli, jempol kaki yang menghitam itu bisa saja dikaitkan dengan diabetes.

“Keluhan jempol kaki yang menghitam pada pengidap diabetes kondisi ini disebut dengan gangrene,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

(BACA JUGA:Ujung Jari Tangan dan Kaki Gatal-gatal? Ini Daftar Penyebabnya)

“Gangrene merupakan suatu kondisi matinya jaringan tubuh akibat tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup,” sambung dia.

Menurut dr. Riza Marlina, gangrene ini bisa terjadi pada siapa saja, akan tetapi ganggrene paling sering dialami oleh penderita diabetes terutama pada penderita diabetes yang tidak terkontrol.

“Di mana kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak saraf, terlebih saraf di ujung tangan dan kaki, sehingga menyebabkan mati rasa pada bagian tersebut sehingga rentan mengalami cedera akibat tidak di sadari sehingga beresiko terinfeksi dan berkembang menjadi gangrene.,” jelasnya.

Dan yang perlu dicatat di sini adalah bahwa gangrene adalah kondisi medis serius. Saking seriusnya, jika terlambat diatasi dapat berujung pada amputasi jari kaki.

Sebab itu lanjut dr. Riza Marlina, penting bagi penderita diabetes untuk secara konsisten mengontrol gula darahnya. Dan bagi mereka yang menunjukan jari kaki dengan ciri menghitam, untuk sesegera mungkin mendapatkan pertolongan medis.

“Jadi saran saya sebaiknya untuk dibawa kontrol ke dokter penyakit dalam untuk mengatasi diabetesnya, jika diperlukan dokter akan merujuk ke dokter bedah untuk mendapatkan penanganan yang tepat,” tutupnya.

Tiga Kesalahan Penderita Diabetes dalam Mengontrol Kondisinya

Apa saja kesalahannya, berikut daftar kesalahan dalam mengontrol diabetes, seperti dikutip FIN dari Good Doctor:

1.    Malas berolahraga adalah salah satunya. Padahal dengan berolahraga, tubuh akan bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan insulin untuk mengontrol gula darah.

2.    Kesalahan lainnya adalah keseringan ngemil atau makan snack. Padahal, snack itu umumnya tinggi akan gula dan gram, yang keduanya buruk untuk diabetes.

3.    Terlalu tergantung pada obat-obatan diabetes adalah kesalahan lainnya. Ya, karena terlalu percaya akan khasiat obat, namun lupa untuk olahraga dan apa yang jadi pantangan adalah masalah salah satunya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: