Google Ubah Algoritma Search, Ini Efeknya terhadap Hasil Pencarian

Google Ubah Algoritma Search, Ini Efeknya terhadap Hasil Pencarian

Google Search, Image oleh Firmbee dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Google dilaporkan akan melakukan perubahan pada algoritma di mesin pencariannya, Search.

Tujuan Google melakukan perubahan algoritma ini, adalah untuk memastikan bahwa hasil pencarian teratas pada Google Search memuat konten yang terpercaya.

Lewat pengumumaannya di blog-nya, pembaruan di Google Search ini baru berlaku bagi pencarian berbahasa Inggris saja.

(BACA JUGA:Stadia Dirumorkan Bakal Tutup, Ini Jawaban Google)

Ke depannya, Google akan menerapkan sistem rangking, untuk menampilkan hasil pencarian.

"Mulai pekan depan, untuk pengguna berbahasa Inggris secara global, kami akan meluncurkan serangkaian perbaikan di Search,” tulis Google.

“(Tujuannya) untuk mempermudah orang menemukan konten yang dapat membantu mereka, dibuat oleh dan untuk pengguna”.

Dengan sistem rangking ini, hasil pencarian Google Search diharapkan lebih relevan terhadap apa yang dicari oleh si pengguna itu sendiri.

Dengan begini, konten yang tidak relevan dengan pencarian user, dapat dihindari muncul di posisi teratas.

Menurut Google, setelah algoritma diperbaiki, hasil pencarian menjadi lebih baik untuk konten edukasi, seni, hiburan, belanja dan teknologi.

"Dengan pembaruan ini, Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih unik, informasi autentik sehingga Anda akan membaca sesuatu yang belum pernah sebelumnya," jelas raksasa teknologi itu.

Konten hasil pencarian juga berlaku untuk artikel ulasan (review). tahun lalu, Google mencoba menampilkan ulasan mendalam atau yang berdasarkan pengalaman mencoba langsung untuk ditampilkan di laman teratas.

Google Glass

Dari beberapa yang disampaikan raksasa teknologi itu, Google Glass adalah salah satu yang paling menarik perhatian.

Menggunakan teknologi augmented reality atau AR, Google berusaha untuk menghancurkan penghalang bahasa.

Seperti diketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan dipakai di seluruh dunia.

Namun bagaimana dengan bahasa lain? Bahasa yang tidak begitu familiar di telinga banyak orang.

Hal inilah yang coba ditemukan solusinya oleh Google. Dan dengan AR pada Google Glass, mereka mampu menghadirkan penerjamah bahasa, secara langsung tampil layaknya subtitle pada film.

Ya, begitu mendengar lawan bicara Anda, Google Glass secara instan akan langsung menampilkan terjemahannya dalam bahasa yang Anda inginkan, seperti saat Anda nonton film atau serial di layanan streaming.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: