Terkini

Pilihan


Alasan Brigjen NA Tembak Kucing di Sesko TNI Bandung: Jaga Kebersihan dan Kenyamanan

Alasan Brigjen NA Tembak Kucing di Sesko TNI Bandung: Jaga Kebersihan dan Kenyamanan

Tangkapan layar kucing-kucing yang ditembaki Brigjen TNI NA di area Sesko TNI Bandung-ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Prantara Santosa mengungkap alasan Brigjen TNI NA menembak sejumlah kucing di Sekolah Komando (Sesko) TNI Bandung.

Ia mengungkap, Brigjen TNI NA menembak kucing dengan alasan menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal atau tempat makan Perwira Siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar. 

(BACA JUGA:Sadis, Ternyata Sosok Brigjen TNI yang Tembaki Kucing di Sesko TNI Bandung)

"Berdasarkan pengakuannya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal/tempat makan perwira siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar," kata Prantara dalam keterangannya, Kamis, 18 Agustus 2022.

Dirinya menyebut, NA membantah melakukan penembakan karena benci dengan kucing.

Dia menjelaskan peristiwa penembakan kucing terjadi pada Selasa, 16 Agustus 2022 siang dengan menggunakan senapan angin milik NA pribadi.

(BACA JUGA:Miris! Bocah SD di Singaparna Meninggal Setelah Dipaksa Bersetubuh dengan Kucing)

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Rabu, 17 Agustus 2022, langsung memberikan perintah untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI Bandung.

"Tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing," kata Prantara.

Selanjutnya, Tim Hukum TNI menindaklanjuti proses hukum NA, khususnya menyangkut Pasal 66 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Pasal 66A, Pasal 91B UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

(BACA JUGA:Hati-hati, Parasit yang Dibawa Kucing Berbahaya terhadap Kehamilan)

Penembakan terhadap kucing-kucing di Sesko TNI Bandung itu ramai dibicarakan di media sosial. Total ada enam kucing yang ditembak.

Penembakan itu dikecam oleh kelompok pecinta kucing dan hewan.

Akun Instagram Rumah Singgah Clow juga menampilkan foto salah satu kucing yang selamat dari penembakan dan telah dibawa ke klinik hewan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: