Proyek Istana Negara IKN Nusantara Masuk Proses Lelang, Masa Sanggah Diberlakukan

Proyek Istana Negara IKN Nusantara Masuk Proses Lelang, Masa Sanggah Diberlakukan

Desain Istana Negara di IKN Nusantara.-Kemenparekraf-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Proyek Istana Negara di lokasi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, masuk proses lelang.

Pembangunan Istana Negara di kawasan ibu kota negara baru jelas Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono di Penajam, Rabu, 17 Agustus 2022, dalam tahap lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(BACA JUGA:Russian Railways yang Ditawarkan Putin Dinilai Bisa Membangun Transportasi Kereta di IKN Nusantara)

Ia mengatakan, proses lelang pembangunan Istana Negara yang direncanakan akan dibangun tahun ini dalam tahap masa sanggah.

Ia berharap, Kementerian PUPR melakukan percepatan proses lelang agar pengerjaan pembangunan Istana Negara dapat mulai dilaksanakan pada tahun ini.

Istana Negara sebagai tempat Presiden tinggal dan berkantor, juga istana Wakil Presiden menjadi yang pertama dibangun di kawasan ibu kota negara Indonesia baru.

(BACA JUGA:Kemendagri Minta Pemda Setop Kasih Izin di Kawasan IKN Nusantara, Lho Kenapa?)

Termasuk sejumlah bangunan kantor kementerian serta fasilitas TNI dan Polri rencananya bakal dibangun pada tahun ini.

Menyangkut Presiden Joko Widodo akan melakukan peletakan batu pertama pada Agustus 2022 sebagai tanda dimulainya pembangunan, Badan Otorita belum mendapatkan jadwal resmi.

"Kami belum dapat arahan apakah Presiden melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan atau peresmian gedung setelah selesai dibangun," kata Bambang Susantono.

(BACA JUGA:Pembangunan Gedung Kantor Presiden di IKN Nusantara Rp1,6 Triliun Akan Dilelang)

Sejumlah pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur sudah ada yang berjalan.

Pembangunan infrastruktur dasar yang sedang berjalan tersebut di antaranya pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan pembangunan pengambil air (intake) Sungai Sepaku.

Kemudian pembangunan jalan lingkar Sepaku serta pelebaran jalan poros Petung-Sepaku juga tengah dilakukan.

Sumber: