Beredar Pesan Berantai di WhatsApp Janjikan Kuota Internet Gratis 30GB Promosi HUT RI, Ini Jawab Kominfo

Beredar Pesan Berantai di WhatsApp Janjikan Kuota Internet Gratis 30GB Promosi HUT RI, Ini Jawab Kominfo

Hoaks Kuota Internet Gratis, Image oleh Kirill Averianov dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Beredar sebuah pesan berantai berisi yang berisikan daftar tautan kuota Internet gratis, yang katanya berlaku untuk semua operator seluler.

Pesan berantai ini tersebar luas melalui pesan di WhatsApp, aplikasi chatting paling populer milik Meta.

Adapun besaran kuota internet yang dijanjikan dalam pesan itu adalah sebesar 30GB, jumlah yang cukup besar untuk mereka yang tidak memiliki akses internet via WiFi.

Pesan berantai ini mengklaim jika besaran kuota itu, adalah hadiah yang akan disalurkan sebagai promosi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Beberapa nama operator tanah air yang namanya disebut dalam pesan berantai itu adalah seperti Telkomsel, XL, Tri, Indosat, AXIS, dan Smartfren.

Ada yang meyakini akan kabar itu, ada juga yang bertanya-tanya soal keabsahannya, benarkah ada kuota internet gratis merayakan HUT Kemerdekaan RI kali ini?

Menjawab kabar ini, Kominfo menyatakan bahwa daftar tautan kuota internet gratis 30GB dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 sebagai hoaks.

Perlu disadari, tidak ada informasi terkait kuota gratis dari masing-masing media sosial resmi beberpa operator yang namanya disebut.

Dan bahwa surat berantai yang seperti ini, bukannya memberikan kuota internet gratis, namun justru malah bisa merugikan pengguna ponsel pintar.

Kerugian yang dimaksud di sini adalah potensi pencurian data yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, lewat link tautan yang gak jelas asalnya.

Sebab itu, masyarakat diminta untuk tidak secara sembarangan memasukan data pribadi, seperti nama lengkap, NIK, nomor HP apalagi nomor rekening bank secara online.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: