Pengganti Gula Ini Bagus untuk Diabetes, tapi Ada Efek Sampingnya jika Terlalu Banyak Dikonsumsi

Pengganti Gula Ini Bagus untuk Diabetes, tapi Ada Efek Sampingnya jika Terlalu Banyak Dikonsumsi

Stevia, Image oleh RitaE dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Stevia adalah pemanis buatan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Namun bukan berarti ia tanpa kekurangan. Menurut FDA, via Halodoc, ada batasan dalam mengkonsumsi stevia per harinya, dan batasan itu adalah 4 miligram per kilogram berat badan orang.

Ketika dikonsumsi berlebihan stevia dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Kembung, begah dan mual adalah beberapa efek sampingnya.

(BACA JUGA:Tiga Kesalahan yang Dibuat Penderita Diabetes Ini Bikin Gula Darah Tak Terkontrol)

Mengapa stevia yang bagus untuk penderita diabetes ini tetap harus dibatasi dalam konsumsinya, adalah karena stevia pada dasarnya sulit untuk dicerna pencernaan manusia.
 
Ya, stevia menurut ahli, terlalu sulit untuk dicerna oleh usus besar, dan ketika banyak dikonsumsi, akan menyebabkan peningkatan produksi gas dan memicu kembung.

Selain kembung, begah dan mual, efek samping stevia adalah bahwa konsumsinya dapat memicu risiko alergi seperti kulit gatal, kemerahan, perih dan meradang.

Apa Itu Stevia

Stevia adalah pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana.

Stevia ini manis karena kandungan steviol glycosides yang dimilikinya.

Karena sangat manis, penggunaan stevia tidak perlu sebanyak gula pasir biasa. Jadi jika Anda biasa menggunakan dua sendok the untuk membuat kopi, Anda hanya membutuhkan satu sendok the stevia untuk satu setiap cangkirnya.

Meski manis, namun stevia ini tidak mengandung kalori. Jika pun ada, kalori itu datangnya dari bahan lain yang dicampur dengan stevia.

Manfaatnya Stevia untuk Kesehatan

Bagi mereka yang Diabetes, stevia disebut baik untuk meningkatkan produksi insulin. Stevia juga aman untuk mereka penderita diabetes melitus atau diabetes tipe 2.

Pastikan stevia yang digunakan adalah stevia murni tanpa campuran pemanis lain.

Untuk mereka yang bermasalah dengan berat badan, stevia disebut bagus untuk memangkas berat badan berlebih.

Dan bagi mereka yang hipertensi, konsumsi stevia disebut bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Demikian pula untuk penderita kolesterol. Konsumsi stevia disebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Berkat  dua benefit di atas, maka risiko masalah ginjal, yang dapat dipicu diabetes dan hipertensi, pun terpangkas.

Sumber: