Pasien ODGJ Jamrud Biru yang Ikut Upacara HUT Ke-77 RI Ternyata Dibekali Pelatihan Nasionalisme

Pasien ODGJ Jamrud Biru yang Ikut Upacara HUT Ke-77 RI Ternyata Dibekali Pelatihan Nasionalisme

Puluhan ODGJ dari Yayasan Jamrud Biru Kota Bekasi melakukan upacara HUT RI Ke-77 Bersama warga-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) Yayasan Jamrud Biru turut meramaikan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 RI di lapangan RT 04 RW 04 Mustikasari, Kota Bekasi.

Berdasarkan pantauan fin.co.id, sebanyak 50 pasien ODGJ melakukan hormat bendera saat prosesi upacara.

(BACA JUGA:Puluhan ODGJ di Bekasi Ikut Upacara HUT RI Ke-77 Bersama Warga Mustikasari)

Pendiri Yayasan Jamrud Biru Suhartono mengatakan, pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI yang diikuti oleh 50 pasiennya berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.

"Alhamdulillah dengan kerja sama bapak RT dan seluruh masyarakat upacara dapat berjalan dengan lancar, 50 pasien ODGJ yang ikut turut hormat bendera dengan khusyuk," ucap Suhartono saat ditemui fin.co.id seusai upacara, Rabu, 17 Agustus 2022.

Selain melakukan hormat bendera, para pasien ODGJ juga turut menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan hikmat saat prosesi upacara.

(BACA JUGA:Bikin Geger, Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Singkong Milik Warga di Kabupaten Bekasi)

"Memang setiap 2 hari sekali, kita memberikan pelatihan kepada mereka untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya," jelasnya.

Selain itu para pendamping dari Yayasan Jamrud Biru juga setiap hari memberikan pendalaman nasionalisme kepada para pasiennya.

"Setiap hari kami juga melatih mereka untuk mengetahui bahwa mereka itu warga Indonesia, bahwa mereka itu satu bagian dari negara Indonesia," ungkapnya.

(BACA JUGA:Nah Loh, 29 Kelompok Gangster di Bekasi Telah Teridentifikasi, Macam-macam Tinggal 'Comot')

Suhartono menjelaskan, 50 orang yang ikut dalam upacara pagi hari ini merupakan pasien pilihan dan ada beberapa yang masih dalam kondisi cukup parah.

"50 orang yang diturunkan untuk ikut upacara, untuk kategorinya campuran, ada yang masih cukup parah tapi kami usahakan ikut kegiatan di masyarakat," terangnya. (Tuahta Simanjuntak)

Sumber: