KPI Umumkan Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022, Ini Daftar Pemenangnya

KPI Umumkan Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022, Ini Daftar Pemenangnya

Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2022.-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengumumkan para pemenang "Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2022" yang bertema "Bangga Budaya Cinta Indonesia".

"Selamat kepada para pemenang dan kepada yang kalah diharapkan di tahun depan membuat konten yang lebih bagus," kata Ketua KPI Pusat Agung Suprio saat membuka acara penganugerahan APRA 2022 di Auditorium LPP RRI, Jakarta, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 13 Agustus 2022.

(BACA JUGA:Konsumsi Daging Sapi, Kambing, Pork dan Kaitannya dengan Kanker)

Lebih lanjut, dia menjelaskan "Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022" diselenggarakan untuk memotivasi televisi dan radio agar memberikan konten yang ramah pada anak. Kemudian untuk para pemenang, kata dia, APRA 2022 mengharapkan mereka bisa bertahan sebagai pemenang dan menjadi standar bagi lembaga penyiaran lainnya dalam menghadirkan program ramah anak.

Sebelumnya dalam konferensi pers, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat Mimah Susanti menjelaskan untuk penilaian dalam APRA 2022, pihaknya membentuk tim juri internal yang terdiri atas pihak internal, yakni komisioner KPI Pusat dan pihak eksternal dari akademisi, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), anggota Komisi I dan Komisi X DPR RI, serta pengamat atau pemerhati anak dan perempuan.

"Penjurian ini melibatkan beragam unsur supaya mereka yang terlibat semakin memahami kondisi dan realitas di lembaga penyiaran terkait dengan tayangan anak," kata dia.

(BACA JUGA:Tujuh Pemain di Timnas U-16 Dapat Bonus Beasiswa dari Borneo FC)

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo menyampaikan ada empat aspek penilaian yang menjadi dasar dalam menyeleksi tayangan program siaran anak di "Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022", yaitu harus sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) dan tidak mendapat sanksi dari KPI.

Di samping itu, lanjut dia, nilai yang diangkat dari masing-masing program yang ditayangkan mendorong hal-hal positif dan sesuai dengan perkembangan psikologi anak serta program siaran tersebut merupakan produksi baru atau sekurang-kurangnya kemasan ulang dari program yang pernah ditayangkan sebelumnya.

Mulyo juga menyampaikan dalam APRA 2022, KPI menerima sebanyak 102 program siaran anak dari 10 stasiun televisi dan 54 program dari 54 radio di seluruh Indonesia.

(BACA JUGA:Pemkab Bekasi Luncurkan BIAN 2022, Target 188.559 Anak Diimunisasi)

Berikut ini, daftar nominasi dan pemenang "Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022"

Animasi Indonesia Terbaik

Hafiz dan Hafizah - NET

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: