Rambut Rontok seperti Ini Menandakan Ada yang Salah dengan Anda

Rambut Rontok seperti Ini Menandakan Ada yang Salah dengan Anda

Rambut Rontok, Image oleh Merlin Lightpainting dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengeluhkan rambut rontok dengan jumlah yang menurut Anda mengkhawatirkan.

Namun taukah Anda rambut manusia yang rontok itu dikatakan normal, bahkan jika jumlahnya 50 hingga 100 helai per hari.

Akan tetapi lebih dari itu, dan ketika volume rambut terlihat berkurang, maka hal ini bisa mendakan ada yang salah dengan Anda.

Menurut dr. Andisty Ate, rambut rontok bisa dipicu oleh beberapa faktor, stres, kekurangan protein dan zat besi, punya masalah dengan fungsi tiroid adalah beberapa di antaranya.

Mereka yang sedang demam tinggi, menjalani kemoterapi, menggunakan cat rambut, bleaching, atau kebiasaan menggunakan pengering rambut, juga berpotensi alami rambut rontok, selain juga efek penggunaan obat tertentu.

“Bila keluhan ini menetap, bertambah berat, menyebabkan kebotakan, maka sebaiknya harus ke rumah sakit terdekat ya,” kata dr. Andisty Ate seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Dengan begitu, dokter)  dapat melakukan pemeriksaan secara langsung sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat,” ujarnya menyarankan.

Mereka yang mengalami rambut rontok juga disarankan untuk tidak mengecat rambut, menggunakan pengering rambut, selain juga membiarkan rambut dalam keadaan lembab.

Selain disarankan mengelola stress, menghindari rokok, makan makanan bergizi dan olahraga teratur juga penting untuk menghindari lebih banyak rambut yang rontok.

“Hindari mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam keadaan basah. Batasi paparan sinar matahari secara berlebihan ya, dapat dibantu dengan penggunaan topi,” tutup dia.

Bahaya Mewarnai Rambut Anak

Menurut ahli, via Halodoc, mewarnai rambut anak dapat menyebabkan keluhan seperti ruam merah di kulit, selain juga gatal-gatal.

Itu adalah efek dari reaksi alergi anak terhadap bahan yang dikandung oleh pewarna rambut.

Tidak hanya menyebabkan reaksi alergi, mewarnai rambut anak juga berpotensi sebabkan kerusakan pada rambut.

Hal ini menurut pendapat ahli dikarenakan belum matangnyya rambut anak-anak, terhadap paparan bahan kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut.

Sementara itu menurut The American Cancer Society, mewarnai rambut dapat memicu salah satu jenis kanker, dalam hal ini kanker kandung kemih.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: