Soal Kasus Brigadir J Dianggap Memalukan Kepolisan, Eks Kapolda Metro Jaya: Jika Tegas, Tidak Berlarut Sampai

Soal Kasus Brigadir J Dianggap Memalukan Kepolisan, Eks Kapolda Metro Jaya: Jika Tegas, Tidak Berlarut Sampai

Mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Noegroho Djajoesman--facebook.com

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Noegroho Djajoesman turut berikan tanggapan soal kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam perkembangan kasus penembakan sesama anggota tersebut, Polisi telah menetapkan Bharada E dan Bripka RR sebagai tersangka atas pembunuhan  Brigadir J.

Sementara itu, mantan Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol Ferdy Sambo sedang ditahan di Mako Brimob untuk diselidiki terkait dugaan pembunuhan Brigadir J.

Menurut Noegroho Djajoesman, langkah polisi dalam menangani kasus Brigadir J sudah tegas namun kasus ini sangat memalukan bagi korps kepolisian.

(BACA JUGA:Kapolri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J, Ferdinand Hutahaean Ungkap Pernyataan Serius)

"Langkah yang berani dan tegas. Kasus ini sangat memalukan bagi Korps Kepolisian. Kalau saya sih, masalah institusi itu yang salah pimpinannya. Jika dari awal Kapolri tegas, masalah tidak berlarut-larut sampai sekarang," ucap Noegroho dalam keteranganya pada senin, ditulis pada Selasa (9/9/2022).

Kapolda Metro jaya 1998 tersebut sangat mendukung langkah Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk membersihkan kasus internal, ia menilai langkah tegas Kapolri untuk meredam isu 'perang bintang' di kasus tersebut.

"Ini tergantung Kapolri agar kasus bisa tuntas. Siapa saja bintangnya harus ditindak jika terbukti bersalah. Pokoknya jangan ragu mengambil langkah-langkah. Kalau tidak akan menjadi beban bagi Kapolri dan Polri," tegasnya.

Menurut Noegoroho, Sikap Kapolri yang menanhan Irjen Ferdy Sambo sangat layak. Jika mantan Kadiv Propam tersebut terbukti terlibat dalam kasus Brigadir J.

(BACA JUGA:Hari Ini Kapolri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J)

Karena siapa pun bisa menjad tersangka, tidak ada yang kebal hukum, meski seorang 'rising star yang telah menangani banyak kasus.

"Jangan karena rising star (lalu) tidak bisa ditindak secara hukum. Kebetulan saya kenal bapaknya, Pieter Sambo. Saya pernah jadi anak buahnya. Dia baik, dan tegas," ujarnya. 

"Sekuat-kuatnya seseorang, Kapolri di atas segala-galanya. Makanya butuh ketegasan. Kapolri tidak perlu takut, yang bersalah tindak saja," tegas Noegroho.

Sore Ini tersangka Brigadir J

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: