DPR Kritik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Sejak Awal Sudah Bermasalah

DPR Kritik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Sejak Awal Sudah Bermasalah

Kereta Cepat.--(dok. KCIC)

JAKARTA, FIN.CO.ID- Anggota DPR RI Fraksi PKS, Suryadi Jaya Purnama, menilai proyek pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, telah bermasalah sejak awal pembangunan. 

“Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, selain bermasalah dari sisi pembiayaan dan pengelolaan keuangan, juga bermasalah secara teknis”, ujarnya dalam Konpers yang  Jumat siang 5 Agustus 2022.

Suryadi mengatakan, bahwa penyebab utama molornya pembangunan tersebut dikarenakan adanya temuan geologis tanah yang berbeda dari apa yang di perkirakan.

“Seharusnya, aspek teknis soal kontur tanah-geologi tanah seperti ini sudah selesai di awal dengan studi yang memadai, tidak lagi ditengah jalan baru tahu ternyata jenis tanahnya seperti ini (sulit)”, tegas Suryadi.

Ia pun mengkritik lokasi stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang tidak sesuai dengan perencanaan awal.

(BACA JUGA:CSS Expo dan PNLG 2022 Digelar, Bupati Tangerang Minta Dukungan Pemprov dan DPRD Banten)

(BACA JUGA:DPR Tolak Usulan Biaya Pembengkakan Proyek Kereta Cepat Pakai APBN)

“Seharusnya peletakan stasiun itu berdekatan dengan pusat aktivitas masyarakat. Sementara, ini (KCJB) tidak. Artinya, kereta cepat ini belum menjadi solusi transportasi Jakarta-Bandung”, ujarnya lagi.

Oleh sebab itu, menurut Suryadi, agar pembangunan proyek bermasalah ini tidak terulang kembali, perlu dibentuk pansus guna mendalami setiap masalah yang ada.

“Dari sisi perencanaan konstruksi, pembangunan Kereta Cepat Jakarta- Bandung ini sangat bermasalah. Kami siap mendalami masalah ini dalam bentuk Pansus agar kerugian negara tidak terulang”, pungkasnya.

Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak menolak penggunaan dana APBN untuk membiayai cost overrun alias pembengkakan biaya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Amin Ak ingatkan pemerintah agar jangan sampai masuk dalam perangkap utang yang akan membebani keuangan negara.

(BACA JUGA:Detik-detik Pencuri Besi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tertangkap, Enam Potong Besi Dilempar, Kemudian...)

(BACA JUGA:Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat Dibebaskan, Polisi: Kerugiannya Tidak Besar)

Sumber: