Cara Mengatasi hidung Mampet tanpa Harus Minum Obat

Cara Mengatasi hidung Mampet tanpa Harus Minum Obat

Hidung Mampet, Image Oleh Mojpe dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Hidung mampet dapat mengganggu Anda dalam menjalani aktifitas harian. Dipicu oleh pilek, flu atau alergi, yang jelas hidung mampet itu bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Tidak ingin hidung mampet mempengaruhi kualitas hidup Anda, ada beberapa cara yang bisa dicoba secara mandiri di rumah, untuk mempercepat kesembuhan Anda.

Berikut cara menyingkirkan hidung mampet tanpa harus minum obat, seperti dikutip FIN dari Halodoc:

1.    Menggunakan pelembab udara
Jika Anda memiliki pelembab udara atau humidifier di rumah, maka gunakanlah untuk meningkatkan kelembaban udara di ruangan Anda berada.
Humidifier menurut ahli, dapat membantu menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah di sekitar hidung yang meradang.

2.    Mandi air hangat
Alternatif pengganti humidifier adalah mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membantu mengencerkan lender yang menumpuk di hidung, selain mengurangi inflamasi. Jika tidak ingin mandi air hangat, bisa menggantinya dengan kompres hangat, di letakan di atas hidung dan dahi.

3.    Minum air yang cukup
Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi saat hidung mampet. Dengan banyak minum, dapat membantu mengencerkan dan mendorong hingus keluar.

4.    Saline spray
Saline spray ini merupakan semprotan dengan kandungan larutan air asin di dalamnya, dapat membantu melegakan saluran pernapasan yang tersumbat.

Cara Lain Mengatasi Hidung Tersumbat

Anda sedang berhadapan dengan flu berat, dan hidung Anda dipenuhi hingus yang menyebalkan.

Bagaimana cara menyingkirkannya? Well, menurut dokter spesialis THT, Scott Schaffer, M.D, hal ini bisa diatasi dengan hanya menggunakan lidah dan kedua jari terlunjuk Anda.  

Seperti dilansir Men’s Health, pertama-tama harus dilakukan kata Dr Schaffer,  adalah dengan mendorong lidah Anda ke atap rongga mulut dan beri tekanan.  
Sambil melakukannya, letakan kedua jari telunjuk Anda pada kedua alis, dan beri tekanan,  

Dia menambahkan, pastikan untuk menarik napas dalam-dalam setiap dua puluh menit, sambil memberi tekanan maju-mundur di kedua alis.  

Dilakukan secara benar, hal ini kata Schaffer, dapat memicu lendir atau hingus menjadi lebih cair, memudahkannya untuk Anda singkirkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: