Bekasi

Begini Kiat Pencegahan agar Pelecehan Seksual Siswi SMPN 6 Kota Bekasi Tak Terulang Versi Dewan Pendidikan

fin.co.id - 02/08/2022, 15:40 WIB

Ilustrasi - Gedung Sekolah SMPN 6 Kota Bekasi

BEKASI, FIN.CO.ID - Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzie mengajak orang tua untuk meningkatkan intensitas komunikasi dengan anak.

Ini dilakukan demi mencegah dugaan pelecehan seksual yang menimpa siswi SMPN 6 Kota Bekasi oleh pegawai kepustakaan terulang kembali.

(BACA JUGA: Pelecehan Seksual Siswi SMPN 6 Kota Bekasi, Dewan Pendidikan: Jangan Sungkan, Ayo Lapor)

Ia mengaku menyesalkan perbuatan bejat tersebut mesti terjadi di lingkungan pendidikan.

"Ini jadi bahan pembelajaran bagi kita semua sebagai orang tua murid, sebagai orang tua komunikasi dengan siswa dan anaknya juga harus terbuka," kata Ali Fauzie saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa, 2 Agustus 2022.

Ia juga meminta agar orang tua lebih aktif memeriksa telepon genggam atau handphone milik anak. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perbuatan yang tidak menyenangkan terhadap sang anak.

(BACA JUGA: Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di SMPN 6 Kota Bekasi Mulai Ditangani Polisi)

"Kita dalam keluarga itu harus terbuka, bila perlu para saat jam tertentu dirumah HP diperiksa semua oleh orang tua kan gitu," ucapnya.

Ali menyebut, pemantauan terhadap anak tidak hanya merupakan kewajiban pihak sekolah. Namun, menurutnya, orang tua juga harus berperan aktif untuk melakukan hal itu di rumah.

Selain itu ia juga mengimbau kepada Pemerintah Kota Bekasi, khususnya Dinas Pendidikan Kota Bekasi, untuk melakukan pendekatan kepada pihak sekolah agar peristiwa serupa tak terulang.

(BACA JUGA: Bikin Geleng-geleng, Begini Pengakuan Korban Pelecehan Seksual Pegawai Perpustakaan SMPN 6 Kota Bekasi)

Menurutnya, pihak sekolah juga harus berperan mengawasi para siswanya, terlebih saat kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

"Saya sampaikan kepada Dinas Pendidikan, harus lebih pendekatan pembinaan kepada pihak sekolah dan guru," jelas dia. Sebelumnya, viral di media sosial seorang pegawai SMP Negeri 6 Kota Bekasi diduga melakukan pelecehan terhadap para siswa.

Kasus tersebut ramai menjadi perbincangan masyarakat, mulai dari alumni dan orang tua siswa setelah dugaan pelecehan tersebar di media sosial Instagram.

(BACA JUGA: Pengacara Sesalkan Kasus Pelecehan Seksual Istri Irjen Ferdy Sambo 'Tenggelam' karena Isu Soal Brigadir J)

Admin
Penulis
-->