Analis: Hingga Akhir Tahun IHSG Bisa Tembus 7.200

Analis: Hingga Akhir Tahun IHSG Bisa Tembus 7.200

Ilustrasi - Grafik pergerakan IHSG -Photo by energepic.com -Pexels

Ukraina siap mengekspor gandum dari dua pelabuhannya di Laut Hitam tetapi belum ada tanggal yang ditetapkan untuk pengiriman pertama. Ini menurut Menteri Infrastruktur Ukarina, Oleksandr Kubrakov pada Jumat 29 Juli 2022. 

Dia berharap kapal pertama akan mulai meninggalkan pelabuhan pada akhir minggu ini, di bawah perjanjian antara Ukraina dan Rusia yang ditengahi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki.

"Setelah penandatanganan inisiatif gandum di Istanbul, pihak Ukraina telah membuat semua persiapan yang diperlukan untuk navigasi Laut Hitam, untuk mulai mengekspor produk gandum kami dari pelabuhan kami," kata Kubrakov.

(BACA JUGA:Jembatan Gantung Mbah Buto di Jombang, Buka Isolasi Akses Daerah Penghasil Jagung dan Tebu)

Dari dalam negeri, fundamental ekonomi Indonesia semakin kuat. Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil tumbuh tinggi di tengah suramnya ekonomi global. Bahkan diperkirakan akan bisa menyalip ekonomi Amerika Serikat (AS) dan China.

Laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang dikutip CNBC Indonesia, Rabu 27 Juli 2022, ekonomi Indonesia akan melesat 5,3 persen pada 2022.

Meskipun sedikit lebih rendah dari perkiraan awal, namun masih lebih tinggi dari 2021 yang mencapai 3,7 persen.

Sementara itu Amerika Serikat (AS) hanya mampu merealisasikan pertumbuhan 2,3 persen atau lebih rendah dari 2021 yang sebesar 5,7 persen. 

(BACA JUGA:dr Tifa Suruh Anies 'Paksa' Putrinya Pakai Jilbab Agar 2024 Lolos Presiden, Yusuf Muhammad Sindir Begini)

China yang jatuh dari sebelumnya tumbuh 8,1 persen menjadi 3,3 persen. "Ini menjadi sentimen positif bagi IHSG," pungkas Hans. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: