Puluhan WNI Jadi Korban Penipuan, Disekap di Kamboja

Puluhan WNI Jadi Korban Penipuan, Disekap di Kamboja

Ilustrasi--(Istimewa)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- 53 Warga Negara Indonesia (WNI) diduga disekap oleh oknum penipuan perusahaan investasi palsu di Sihanoukville, Kamboja.

Anggota DPR RI Kurniasih Mufidayati meminta agar puluhan WNI yang disekap di Kamboja segera dipulangkan ke tanah air.

(BACA JUGA:Ferdy Sambo dan Istrinya Belum Komunikasi dengan Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak: Ini Mengherankan)

Kurniasih Mufidayati mengatakan, negara harus hadir dalam menyelamatkan warga negara yang menjadi korban penipuan ini.

"KBRI kita di Kamboja sudah bergerak, kita harapkan bisa berkolaborasi dengan Kepolisian Kamboja," kata Kurniasih, Sabtu, 30 Juli 2022.

Dia mengatakan berkolaborasi dengan Kepolisian Kamboja tujuannya untuk mengusut hal yang sudah masuk ranah pidana dan mengarah ke dugaan perdagangan orang tersebut.

Kurniasih mengatakan WNI yang berharap jadi pekerja migran Indonesia (PMI) itu harus segera dipulangkan sebab ada dugaan mafia rekrutmen PMI non-prosedural untuk bekerja di perusahaan investasi maupun teknologi informasi di Kamboja.

(BACA JUGA:Kamaruddin Simanjuntak: Diduga Brigadir J Ditembak dari Belakang Sehingga Jebol Sampai Hidung Depan)

Untuk penanganan dalam negeri, Kurniasih menyebutkan aparat kepolisian RI bisa mengusut jaringan perekrut WNI yang berada di wilayah hukum Indonesia.

"Informasi dari KBRI ada 260 WNI yang sudah jadi korban penipuan tawaran pekerjaan di Kamboja. Artinya ini sudah sistemik dan pasti ada operatornya di Indonesia. Aparat kita harus mengusut dan membongkarnya," kata Kurniasih.

Anggota DPR RI Dapil luar negeri, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat itu mengingatkan agar siapa saja tidak terjebak dan tergiur dengan tawaran pekerjaan di luar negeri dengan jalur non-prosedural.

"Pastikan jika ingin berangkat ke luar negeri cek semua persyaratan dan dokumennya bisa melalui dinas tenaga kerja setempat atau BP2MI di masing-masing wilayah. Pastikan lewat jalur aman dan legal," kata Kurniasih.

(BACA JUGA:Todongkan Pistol ke Pengendara Motor, Pria Asal Cirebon Diringkus Polisi)

Kemudian, menurut dia, BP2MI dan Kementerian Tenaga Kerja harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi peluang penempatan pekerja migran Indonesia dengan jalur resmi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: antara