Orang dengan Profesi Ini Paling Rentan Kena Radang Sendi di Kemudian Hari, Anda Salah Satunya?

Orang dengan Profesi Ini Paling Rentan Kena Radang Sendi di Kemudian Hari, Anda Salah Satunya?

Nyeri dan Kaku pada Persendian, Image Zina Zabudkina--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Radang sendi pada umumnya terjadi pada mereka yang tidak lagi muda, meski juga ditemukan pada remaja.

Ketika orang terkena radang sendi, maka kualitas hidupnya secara langsung akan terdampak, salah satunya adalah nyeri tak tertahankan yang terjadi pada sendi tubuh.

Selain rasa nyeri sendi, radang sendi juga menyebabkan kakunya pergerakan sendi.

Tidak hanya pada pergelangan tangan dan siku, radang sendi juga kerap dikeluhkan terjadi pada pergelangan kaki dan lutut.

Namun taukah Anda, selain karena faktor usia dan gaya hidup, profesi seseorang juga dapat mempengaruhi risiko orang mengalami radang sendi di kemudian hari.

Berikut ini daftar profesi yang dapat meningkatkan risiko radang sendi, seperti dikutip FIN dari Halodoc:

•    Musisi
Salah satunya pemain biola. Selalu mengulang gerakan secara terus-menerus, menyebabkan ketegangan pada pergelangan tangan, siku dan bahu.

•    Pengajar
Seorang pengajar berpotensi kena radang sendi jika mereka menghabiskan banyak waktu berdiri dalam penyampaian materi.
Menggunakan alas kaki yang nyaman, seperti sepatu teplek adalah salah satu tips agar terhindar dari radang sendi.

•    Atlet
Salah satunya atlet bola basket. Harus sering melompat dapat menyebabkan sendi pinggul dan lutut menerima tekanan secara terus menerus.

•    Penari
Seorang penari memang dikaitkan dengan tubuh yang bugar. Akan tetapi karena dijadikan profesi dan aktif melakuaknya, maka masalah radang di setiap sendi sangat berpotensi terjadi.

•    Pekerja Tekstil
Melakukan gerakan yang berulang dapat menyebabkan pekerja tekstil bermasalah dengan sendi di kemudian hari.

•    Pekerja kayu dan konstruksi
Hal ini ada hubungannya dengan kegiatan seperti mengangkat benda berat, selain juga peralatan yang digunakan dalam bekerja.

Pantangan Penderita Radang Sendi

Berikut ini pantangan penderita radang sendi, dalam hal ini kebiasaan sehari-hari, selain juga konsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti dilansir Prevention:

Merokok
Para ahli melaporkannya pada jurnal Arthritis Research and Therapy. Di situ diungkap bahwa perokok aktif, punya risiko tinggi mengalami gangguan sendi di kemudian hari akibat merokok. Pada wanita, dampak itu dua kali lipat lebih tinggi terjadi.

Meski efeknya bisa diturunkan, namun mereka yang sudah terlanjur merekok, meski tidak rutin, tetap punya potensi lebih tinggi kena radang sendi, jika dibandingkan yang tidak merokok sama sekali.

Makan Gorengan
Bukan cuma bakwan, risol dan tahu dan tempe goreng saja. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng, dilaporkan juga menjadi salah satu penyebabnya.

Tomat
Meski memiliki sifat anti radang, namun bagi mereka dengan gangguan persendian tertentu, konsumsi tomat dapat memicu reaksi yang tidak diinginkan.

Minum minuman bersoda
Enak dan segar memang rasanya. Namun kebiasaan yang satu ini ikut berkontribusi pada masalah sendi. Diabetes dan gangguan jantung adalah masalah lain yang disebabkan konsumsi minuman bersoda.

Makanan atau minuman berbahan kacang kedelai
Mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung bahan kedelai, dilaporkan jadi turut andil dalam masalah radang sendi pada manusia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: