Anda Selalu Merasa Diawasi Seseorang meski Gak Ada Siapa-siapa? Ini Daftar Penyakitnya

Anda Selalu Merasa Diawasi Seseorang meski Gak Ada Siapa-siapa? Ini Daftar Penyakitnya

Gangguan Kecemasan, Cemas, Stres: Image oleh 1388843 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda memiliki keluhan seperti selalu diawasi seseorang, bahkan meski Anda pada kenyataannya sedang seorang diri?

Pertanyaannya, normalkah apa yang Anda rasakan itu, atau ada yang salah dengan diri Anda?

Menurut ahli, merasa seperti diawasi oleh seseorang, meski gak ada siapa-siapa bisa saja dibilang wajar.

(BACA JUGA:Tanda-tanda Pasangan Anda Seorang Love Bomber, Bisa Picu Stres dan Gangguan Kecemasan)

“Wajar terjadi misalnya jika Anda sedang tidak fokus dengan kondisi di sekitar Anda,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Akan tetapi, jika keluhan ini kerap berulang hingga mengganggu aktifitas Anda, membuat Anda tidak tenang, atau sampai mengalami keluhan fisik tertentu, seperti jantung berdebar, berkeringat berlebihan, dan sebagainya, maka sebaiknya Anda waspada”.

Pada kasus tertentu, orang yang merasa selalu diawasi seseorang, bisa jadi disebabkan oleh masalah pada kejiwaannya.

“Gangguan kecemasan umum, fobia spesifik, gangguan kepribadian skizotipal, gangguan kepribadian skizoid, gangguan kepribadian ambang, skizofrenia paranoid, gangguan psikotik terkait penyalahgunaan NAPZA, dan sebagainya,” jelas dia.

Oleh sebab itu. Dr. Nadia Nurotul Fuadah menyarankan bagi orang dengan masalah di atas, untuk mencari pertolongan ahli secepat mungkin.

Dengan memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater, mereka yang masalah di atas, dapat mendapatkan penanganan sedari dini.

“Tergantung keparahan, penyebab, dan status kesehatan Anda secara umum, kondisi Anda nantinya bisa diberikan penanganan berbeda, mulai dari psikoterapi, pemberian obat, atau lainnya,” jelas dia.

Makanan yang Direkomendasikan Ahli untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Sementara menurut dunia sains, ada beberapa makanan yang didapat dikonsumsi orang, untuk meningkatkan kesehatan mental mereka.

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang bagus untuk menurunkan kecemasan, seperti dilansir Healthline:
Ikan Salmon

Kaya akan gizi, konsumsi salmon dapat memberikan efek menenangkan dan memberikan efek rileks, bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Dark Chocolate

Makan dark chocolate juga bagus untuk pangkas gangguan kecemasan, karena kaya akan flavonol seperti epicatechin dan catechin.

Flavonol ini sendiri baik untuk memperlancar peredaran darah ke otak, membantu orang lebih kalem saat dihadapkan pada situasi yang tertekan.

Yogurt

Menurut sebuah studi, minum yogurt dua kali setiap harinya, dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengontrol emosi, menurunkan kadar kecemasan pada mereka yang mengkonsumsinya.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: