Terkini

Pilihan


Cecar Tim Forensik Polri Soal Luka di Tubuh Brigadir J, Komnas HAM Dalami Proses Autopsi Jenazah

Cecar Tim Forensik Polri Soal Luka di Tubuh Brigadir J, Komnas HAM Dalami Proses Autopsi Jenazah

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam.-Dok FIN.-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencecar tim forensik dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri terkait luka di tubuh Brigadir J atau Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyebut, pihaknya menanyakan tim forensik Polri menyangkut awal kedatangan, proses autopsi, hingga jenazah Brigadir J dimakamkan.

(BACA JUGA:Komnas HAM Kantongi Penyebab Luka di Tubuh Brigadir J, Termasuk Kapan Terjadi)

"Awal mulai dari sejak kapan jenazah masuk ke rumah sakit, kapan diautopsi. Kedua kami juga mengecek jenazah sebelum diautopsi dan sesudah diautopsi," kata Choirul Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin, 25 Juli 2022.

Ia menambahkan, Komnas HAM juga mengonfirmasi karateristik luka di tubuh Brigadir J kepada tim forensik Polri. Seperti perihal luka akibat peluru yang ditembakkan untuk menelusuri sudut tembak.

Lebih lanjut, kata Anam, proses penelusuran juga dilakukan terkait adanya beberapa luka di wajah, termasuk luka seperti terjerat yang ada di leher Brigadir J.

(BACA JUGA:Luka di Tubuh Brigadir J, Komnas HAM Sudah Temukan Penyebabnya)

"Termasuk jika publik, itu yang ditanya, kenapa ada beberapa luka di wajah, ditunjukkan logikanya itu misalkan. Luka di hidung, di mata, dan sebagainya. Kemudian termasuk luka di leher dijerat atau tidak itu kami cek," tambah dia.

Diketahui, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto bersama Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedy Prasetyo dan tim forensik datang ke Komnas HAM untuk memberikan keterangan terkait kasus Brigadir J.

Tim yang dipimpin Irwasum Polri datang dan memberikan keterangan ke Komnas HAM sekitar pukul 13.00 WIB dan selesai sekitar pukul 15.30 WIB.

(BACA JUGA:Soal Autopsi Ulang, Kapolda Jambi Temui Kepala Rumah Sakit Lalu Datangi Keluarga Brigadir J)

Sebelumnya, Brigadir J tewas dalam baku tembak dengan Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo di kawasan Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juli 2022.

Peristiwa itu diduga dilatarbelakangi terjadinya pelecehan dan penodongan pistol terhadap P, istri Irjen Ferdy.

Polri pun bakal melakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J atau Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat di Jambi pada Rabu, 27 Juli 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: