Mentan SYL dan Wamen Harvick Sambut Kedatangan Panglima TNI di Kementan, Ini yang Dibahas

Mentan SYL dan Wamen Harvick Sambut Kedatangan Panglima TNI di Kementan, Ini yang Dibahas

Jendral TNI Andika Perkasa berkunjung ke kantor Kementan. (dok. Kementan)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo bersama Wamentan, Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis 21 Juli 2022.

Kunjungan Panglima TNI ini dalam rangka melakukan Adendum Nota Kesepahaman tentang Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan Pertanian.

Jenderal Andika mengatakan pihaknya siap membantu Kementerian Pertanian untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional.

(BACA JUGA:IHSG Akhir Pekan 22 Juli 2022 Berpotensi Rebound, Simak Beberapa Saham Rekomendasi Analis Hari Ini)

"Kami siap membantu Kementan. Karena Kementan ini punya tanggungjawab mengenai pangan, sehingga kita bisa membantu mewujudkan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah," kata Panglima, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat 22 Juli 2022. 

Ia mengungkapkan, kerjasama TNI dengan Kementan sebenarnya sudah ada sejak dulu, yaitu dengan menanam komoditas kedelai. 

"Sejak dulu TNI sudah melakukan kerjasama dgn Kementan mengenai komoditas kedelai, saat itu pemanfaatan lahan," ungkap mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) ini.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan bahwa pelaksanaan program pertanian harus dilakukan secara masif untuk mendukung percepatan swasembada pangan. 

(BACA JUGA:BI: Pertumbuhan Kredit Juni 2022 Meningkat 10,66 Persen Dibanding 2021)

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam menjadikan Indonesia sebagai negara kuat dalam menghadapi berbagai ancaman krisis global.

"Minimal bisa memperkuat kebutuhan-kebutuhan dasar pangan kita. Hal ini juga merupakan arahan Bapak Presiden untuk betul-betul mengawal pangan sebagai kekuatan Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bahwa dukungan dari TNI menjadi energi baru bagi Kementan dalam memperkuat Ketahanan Pangan Nasional.

Menurutnya, ketahanan nasional bisa terbentuk jika kedaulatan pangannya lebih dulu tercapai. 

(BACA JUGA:Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kementan dan BNI Kolaborasi )

Sumber: