Habib Rizieq Bilang Dia Tahanan Kota, Kemenkumham Bantah!

Habib Rizieq Bilang Dia Tahanan Kota, Kemenkumham Bantah!

Habib Rizieq Shihab -Reno Esnir-Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID- Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membantah pengakuan Habib Rizieq Shihab yang megaku sebagai tahanan kota.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti mengatakan, status Habib Rizieq Shihab bukan tahanan kota, tetapi klien pemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Jakarta Pusat.

"Statusnya saat ini adalah klien pemasyarakatan bukan tahanan kota," ujar Rika, Rabu 20 Juli 202.

Rika menjelaskan  Habib Rizieq sudah diputuskan pidana dan telah menjalani program pembebasan bersyarat, maka statusnya adalah klien pemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan Jakarta Pusat.

(BACA JUGA:Takut Dipenjara Lagi, Habib Rizieq Ungkap Pembebasan Bersyaratnya: Harus Hati-Hati, Salah Sedikit Ditangkap)

Rika lebih lanjut mengatakan, Habib Rizieq harus berkelakuan baik selama menjalani pembebasan bersyarat itu. Jika melanggar ketentuan itu maka pembebasan bersyarat ditarik kembali.

"Apabila itu terjadi maka Pembebasan Bersyaratnya-nya bisa dicabut," ujar Rika.

Sebelumnya Habib Rizieq menjelaskan maksud dari bebas bersyarat. Dia mengatakan, bebas besyarat artinya dia adalah tahanan kota. Setiap bulan dia harus melapor ke otoritas terkait.

(BACA JUGA:Habib Rizieq Bebas, Nicho Silalahi: Kami Menunggu Komandomu )

"Pembebasan bersyarat saya ini saya berstatus sebagai tahanan  kota. Jadi bukan saya bebas murni begitu saja. Dan setiap bulan saya harus membuat laporan," kata Rizieq di Petamburan sesaat setelah bebas bersyarat, Rabu 19 Juli 2022.

Dia menjelaskan bahwa tahanan kota berarti dia tidak boleh keluar ke mana-mana. Jika keluar harus ada izinnya.

"Saya tidak boleh keluar kota, keluar negeri, keluar pulau, kecuali dengan izin tertulis dari instansi yang sudah ditentukan," jelasnya.

"Saya boleh terima tamu, saya boleh silaturahim, saya boleh mengajar, tapi ada beberapa hal yang memang harus dijaga.yang tidak boleh saya lakukan," tutur Rizieq.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: