Makan Duren Dibarengi Minum Alkohol Itu Berbahaya, Bisa Hilang Kesadaran

Makan Duren Dibarengi Minum Alkohol Itu Berbahaya, Bisa Hilang Kesadaran

Pingsan, Image oleh japhotos dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mungkin sudah pernah mendengar manfaat sehat memakan buah durian atau duren. Tidak hanya mencegah kanker, makan duren juga menyehatkan sistem pencernaan manusia.

Dan tidak cuma bisa membantu terjadinya penuaan dini, makan duren sekaligus mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Namun taukah Anda jika konsumsi duren ternyata tidak bisa sembarangan begitu saja dinikmati, apalagi ketika dibarengi atau disudahi dengan minum minuman beralkohol.

Menurut ahli, via Halodoc, makan duren dibarengi atau setelahnya diikuti dengan minum alkohol, dapat menyebabkan masalah yang tidak diinginkan.

Masalah yang dimaksud di sini adalah peningkatan kadar alkohol pada darah, menyebabkan terjadinya keracunan alkohol.

Ciri dari keracunan alkohol adalah seperti mual, muntah, jantung berdebar hingga hilang kesadaran.

Sementara itu menurut dr. Fenita Antonius, makan duren dibarengi atau disudahi dengan minum alkohol, dapat menyebabkan kondisi bernama Disulfiram-Ethanol Reaction atau DER.

“Saat dikonsumsi bersama alkohol dan kandungan etanolnya menyebabkan gangguan hati (liver injury), menunjukan gejala seperti intoksikasi atau keracunan alkohol yakni mual, muntah, sakit kepala hingga penurunan kesadaran,” kata dr. Fenita Antonius via Alodokter.

Efek itu, lanjut dr. Fenita Antonius, akan lebih dirasakan oleh mereka yang sudah punya masalah dengan kerja liver dan ginjalnya.

Ia juga menambahkan jika belum ada penelitian yang menyebutkan, soal jarak yang harus diberikan antara makan duren dan minum alkohol, untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Apa Wanita Hamil Boleh Makan Duren

“Konsumsi duren tidaklah dilarang kecuali bagi wanita yang memiliki penyakit atau 'bakat' menderita hiperkolestrol, diabetes gestasional (kencing manis pada wanita hamil), penyakit jantung, obesitas, atau kondisi tertentu,” jelas dr. Andika Surya Atmadja.

Dan jika tidak ada larangan dari dokter, maka konsumsi duren bagi ibu hamil pada dasarnya tidak memiliki pantangan atau larangan.

“Wanita hamil boleh makan durian dengan jumlah terbatas. Cukup konsumsi 1-2 biji dan jangan terlalu sering,” ujarnya menyarankan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: