Ruginya jika Si Kecil Tidak Tidur Siang

Ruginya jika Si Kecil Tidak Tidur Siang

Si Kecil Tidur Siang, Image oleh 2344799--

JAKARTA, FIN.CO,ID - Bagi anak tidur siang dan tidur malam adalah sama pentingnya.

Fungsinya jelas, untuk menunjang kesehatan fisih dan suasana hatinya.

Menariknya, ketika anak-anak terlalu lelah akibat aktifitas hariannya, hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka di malam hari.

(BACA JUGA:Jangan Biarkan Si Kecil Lama-lama di depan TV)

Ya, jadi jika Anda pikir buah hati Anda akan bermasalah dengan tidurnya jika mereka tidur siang, maka rubahlah mindset itu sekarang juga.

Menurut ahli, via Halodoc, tidak hanya baik untuk kualitas tidur mereka di malam hari, tidur siang bagi si kecil sekaligus membantu perkembangan otak dan tingkat kecerdasan buah hati Anda.

Mengapa demikian, karena para ahli meyakini jika hormon pertumbuhan anak itu banyak diproduksi, ketika mereka sedang tertidur.

Efeknya bagi anak yang diberi waktu untuk tidur siang, adalah peningkatan daya ingat hingga 10 persen, membantu mereka dalam pembelajaran.

Selain membantu berat badan anak terjaga dalam kondisi stabil, manfaat tidur siang ini akan membuat si kecil lebih bugar untuk mengerjakan tugas sekolah atau PR.

Tidur siang dapat mengganti energi yang habis setelah beraktivitas. Setelah bangun tidur, tubuh anak menjadi lebih bugar dan siap menjalani aktivitas yang tertunda.

Dan seperti disebut di atas, dengan tidur siang si kecil akan kembali mendapatkan moodnya pada kondisi terbaik, menjaga suasana hatinya agar terhindar dari tantrum atau mudah marah.

Durasi Tidur Siang bagi Si Kecil

Menurut Halodoc, berikut durasi tidur si kecil dalam sehari sesuai dengan usianya.

    Usia 0 hingga 3 bulan. Selama 14 hingga 17 jam.
    Usia 4 hingga 12 bulan. Selama 12 hingga 16 jam.
    Usia 1 hingga 2 tahun. Selama 11 hingga 14 jam.
    Usia 3 hingga 5 tahun. Selama 10 hingga 13 jam.
    Usia 6 hingga 12 tahun. Selama 9 hingga 12 jam.

Meski begitu, si kecil sudah harus berhenti tidur siang jika menyebabkan mereka sulit tertidur di malam hari, tidak merasa lelah, punya suasana hati yang konsisten, dan tidak menunjukan tanda-tanda mengantuk.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: