Warna Alat kelamin Lebih Gelap dari Warna Kulit Anda, Normal atau Tidak?

Warna Alat kelamin Lebih Gelap dari Warna Kulit Anda, Normal atau Tidak?

Kelamin Pria, Ilustrasi oleh Darko Djurin dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Warna Alat kelamin Lebih Gelap dari Warna Kulit Anda, Normal atau Tidak?Anda memiliki warna kulit kemaluan yang lebih gelap dari warna kulit bagian tubuh lainnya? Apakah hal ini normat atau hanya terjadi pada Anda dan segelintir orang?

Menurut dokter bedah Rena Malik, MD, warna kulit gelap pada alat kelamin seseorang bukanlah sebuah kelainan, dan justru umum ditemukan di masyarakat.

“Punya warna alat kelamin yang gelap (dibandingkan warna kulit tubuh lainnya) adalah hal yang terbilang normal,” kata Rena Malik, MD, seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Malahan hal ini dialami setiap orang. Biasanya terjadi secara perlahan, dan akan semakin gelap seiring dengan bertambahnya usia,” ungkap dia.
Penyebabnya menurut Rena Malik, MD, ada hubungannya dengan hormone testosterone dan estrogen dan efeknya terhadap sel bernama melanocyte.

Melanocyte sendiri berfungsi untuk memproduksi melanin dan menentukan warna kulit seseorang.

Dan ketika tubuh mengalami beberapa proses seperti perubahan hormon karena pubertas, kehamilan dan bertambahnya usia, warna kulit di alat kelamin ini mengalami perubahan warna yang semakin hari semakin menggelap.

Penyebab Munculnya Benjolan Putih di Alat Kelamin

Anda seorang pria dan tengah mengeluhkan munculnya benjolan putih di alat kelamin Anda?

Baik itu sudah pecah atau baru akan pecah, luka yang disebabkan oleh benjolan ini nantinya akan membentuk sores atau luka yang terbuka.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, kondisi ini bisa disebabkan salah satunya akibat infeksi menulas s*ksual atau disingkat IMS.

“Contohnya sifilis, herpes genital, gonore, klamidia, trikomoniasis, dan sebagainya,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Meski begitu, lanjut dia, benjolan putih di tumbuh alat kelamin pria ini, tidak selamanya disebabkan oleh IMS.

Oleh sebab itu, untuk menentukan penyebabnya diperlukan pendapat ahli, dalam hal ini dokter.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, di luar IMS, infeksi yang bisa menyebabkan alat kelamin pria tumbuh benjolan putih juga bisa disebabkan oleh cacar air, scabies, herpes zozter, tinea cruris.

Infeksi jenis lain, seperti cacar air, skabies, herpes zoster, tinea cruris, candidiasis kutan, folikulitis dan ektima.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: