Kenali Beberapa Jenis Radang Sendi, Penyebab Kaki Bengkak dan Nyeri

Kenali Beberapa Jenis Radang Sendi, Penyebab Kaki Bengkak dan Nyeri

Kaki Bengkak, Ilustrasi oleh cnick dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengalami sendi kaki yang bengkak disertai dengan nyeri. Pertanyaannya, apa yang salah dengan Anda?

Menurut dr. Riza Marlina, nyeri sendi pada kaki yang bengkak ini bisa disebabkan oleh masalah radang sendi.

Salah satu radang sendiri adalah gout arthtritis. Radang sendi yang dipicu oleh tingginya kadar asam urat seseorang.

Ada juga yang namanya rheumatoid arthtritis, kalau yang satu ini adalah radang sendi yang pemicunya merupakan penyakit autoimun.

“(Penyebab lainnya adalah) akibat septic arthritis yaitu radang sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur pada sendi,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk menangangani bengkak dan nyeri pada sendi kaki, konsultasi dengan dokter penyakit dalam adalah yang paling dianjurkan.

“Saran saya sebaiknya untuk menemui dokter penyakit dalam melakukan konsultasi terkait nyeri dan bengkak pada sendi agar dapat diatasi dengan tepat,” ujarnya menyarankan.

Jangan Biarkan Asam Urat tanpa Perawatan

Asam urat atau gout adalah radang sendi, dengan ciri seperti nyeri tak tertahankan, diikuti dengan pembengkakan di sekitar sendi yang terdampak.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebakan masalah kesehatan yang lebih serius.  Kondisi yang dimaksud, seperti dilansir Healthline, adalah asam urat tingkat lanjut, yang dapat menyebabkan penumpukan kristal di bawah kulit.  

Kondisi ini dapat terjadi di jemari tangan, lengan, kaki, siku dan tendon, selain juga bagian belakang engkel kaki Anda.  

Meski pada tahapan ini serangan asam urat bisa saja terlalu menyakitkan, namun pembengkakan di area yang terdampak, sulit untuk tidak menarik perhatian orang di sekitar Anda.  

Tidak hanya itu, asam urat yang dibiarkan tanpa perawatan, juga dapat meningkatkan risiko penderitanya, terkena batu ginjal, ditandai dengan nyeri saat buang air kecil, dan air seni yang bercampur darah.



DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: