Anda Kerap Membayangkan Didatangi Hantu saat Sendirian? Coba Baca Ini

Anda Kerap Membayangkan Didatangi Hantu saat Sendirian? Coba Baca Ini

Penampakan Hantu, Ilustrasi oleh Sergey Gricanov dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Takut berlebihan atau parno akan penampakan hantu adalah apa yang kerap dikeluhkan orang dengan kriteria penakut, khususnya saat mereka sedang sendirian.

Apalagi usai menonton film horror, atau habis mendengar cerita seram, mereka yang penakut umumnya akan jadi sulit ngapa-ngapain jika suasana di sekitarnya dianggap terlalu menyeramkan, meski itu hanya di kepala mereka sendiri.

Contohnya seperti takut ke kamar mandi lantaran takut akan penampakan hantu, atau kehadiran sosok yang tidak diinginkan, dalam hal ini hantu.

(BACA JUGA:Wanita Ini Bernama Kansho, Katanya Hantu Penasaran Itu Kadang Tidak Sadar Mereka Sudah Mati)

Atau mereka yang sulit untuk memejamkan mata jika tidur di ruangan gelap dengan lampu dipadamkan.

Pertanyaannya, jika dilihat dari kacamata medis, apa yang salah dengan hal ini, dan apakah ini pertanda seseorang mengalami halusinasi?

“Membayangkan seperti melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada dapat menjadi suatu tanda dari halusinasi,”  kata dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Menurut dia, halusinasi merupakan gangguan pada cara manusia melakukan persepsi, yang dapat membuat seseorang melihat, mendengar atau mencium sesuatu yang pada dasarnya tidak nyata secara fisik.

“Penyebab dari halusinasi bermacam-macam misalnya karena mengalami suatu penyakit, gangguan mental, trauma atau efek obat-obatan,” terang dia.

Contoh orang mengalami halusinasi, lanjut dr. Riska Larasati adalah seperti ketika mereka mengaku melihat orang, benda atau sesuatu yang tidak ada, namun meyakini apa yang mereka lihat itu.

dr. Riska Larasati juga menambahkan jika munculnya halusinasi, bagi mereka yang mengalaminya, bisa dicegah dengan beberapa tips.
Berikut ini tips mencegah halusinasi:

•    Mengelola stress
•    Melakukan teknik relaksasi
•    Tidak minum alcohol
•    Tidak berakatifitas yang berat-berat
•    Tidak banyak pikiran
•    Memenuhi gizi harian
•    Tidur yang cukup

Orang Bisa Melihat Hantu jika Punya Kriteria Ini

Menurut sebuah studi, pengalaman orang bertemu hantu itu, baik melihat atau sekedar merasa, akan terjadi jika orang tersebut percaya akan hal-hal yang mistis atau berbau supranatural.

Paranoia menurut ahli, ada hubungannya dengan hal ini. Paranoia sendiri menurut Alodokter adalah sebuah kondisi di mana seseorang, diliputi masalah psikologis yang ditandai dengan munculnya rasa curiga dan takut berlebihan.

Selain itu, penampakan hantu umumnya juga bisa dikaitkan dengan kondisi psikologi seseorang.

Sleep paralysis, dan halusinasi hypnogonic dan hypnopompic adalah beberapa di antaranya, yang jadi pemicu penampakan hantu yang dilaporkan orang.

Pada kasus lain, penampakan hantu yang dilihat orang, juga dapat disebabkan oleh penyalahgunaan narkotika, gangguan tidur hingga epilepsi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: