Agar Terhindar dari Komplikasi Diabetes, Salah Satunya Amputasi

Agar Terhindar dari Komplikasi Diabetes, Salah Satunya Amputasi

Alasan Mengapa Luka Penderita Diabetes Susah Kering, Image oleh Francien van Gompel from Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Amputasi pada penderita diabetes terkadang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi, salah satunya akibat kondisi Bernama kaki diabetik.

Ketika jaringan dianggap mati, dan tidak lagi bisa tertolong oleh penggunaan obat-obatan, maka amputasi terkadang jadi jalan keluar terbaik.

Untungnya, amputasi akibat komplikasi diabetes ini bisa dihindari oleh mereka yang menderita penyakit gula. Selama mampu menghindari pantangannya, kondisi yang tidak diinginkan ini bisa terhindarkan.

(BACA JUGA:Luka Tidak Kunjung Sembuh, Ini Daftar Penyebabnya Menurut Dokter selain karena Diabetes)

Berikut agar penderita diabetes terhindar dari amputasi, seperti disarankan ahli via Halodoc:

1.    Rutin Mengontrol Kadar Gula Darah

Dengan rutin mengontrol kadar gula darah, dianjurkan setiap pagi, penderita diabetes bisa memastikan kondisi mereka, guna mengatur pola makan dan aktifitas fisik guna menjaganya terkendali.

2.    Ikuti Anjuran Dokter

Dokter pastinya memberi jenis obat-obatan, termasuk dosisnya, kepada pasien mereka sesuai dengan kondisi masing-masing. Dengan mengikuti anjuran dokter, komplikasi salah satunya amputasi dapat terhindarkan.

3.    Banyak makan buah dan sayur

Makan buah dan sayur itu penting utnuk penderita diabetes guna mencukupi asupan protein harian. Hindari makanan dan minuman manis juga tidak kalah pentingnya.

4.    Aktif secara Fisik

Mereka yang diabetes disarankan untuk aktif dalam kesehariannya. Rutin berolahraga, 30 menit aerobik, adalah apa yang dianjurkan ahli untuk mengontrol kadar gula darah.

Pentingnya Minum Obat dan Pakai Insulin jika Anda Diabetes

dr. Arrum Putri Amalia mengatakan bahwa dalam mengontrol gula darah, penderita diabetes umumnya menggunakan satu atau mengkombinasikan obat anti diabetes.

“Jika belum berhasil, dapat ditingkatkan menjadi pengobatan suntikan insulin yang perlu dilakukan beberapa kali sehari seumur hidup,” jelas dia.

Intinya, jika ingin memiliki gula darah layaknya orang normal, mereka yang diabetes hanya dapat mencapai itu, tentunya dengan melibatkan konsumsi obat dan penggunaan insulin secara rutin.

Efeknya jika tidak terkontrol, diabetes ini kata dr. Arrum Putri Amalia, dapat berujung pada komplikasi yang tidak diinginkan.

“Seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, luka yang sulit sembuh, dan gangguan saraf,” tutupnya.

Intinya, jika Anda atau ada keluarga Anda yang diabetes namun enggan minum obat, atau tidak menggunakan insulin ketika sudah dianjurkan, maka jangan heran jika masalah komplikasi di kemudian hari akan bermunculan.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: