Cegukan Lebih dari 2 Hari, Penyebabnya Mulai dari Diabetes hingga Kanker

Cegukan Lebih dari 2 Hari, Penyebabnya Mulai dari Diabetes hingga Kanker

Cegukan, Image oleh Darko Djurin dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Cegukan bisa terjadi kapan dan di mana saja. Ketika terjadi, orang yang cegukan umumnya akan cepat-cepat mencari minum, untuk kemudian menghilangkannya.

Namun pada kasus tertentu, cegukan bisa terjadi dan sulit untuk dihilangkan. Malahan, ada yang bisa mengeluhkan cegukann dan terjadi untuk waktu yang panjang.

Perlu disadari, cegukan umumnya dipicu oleh perubahan pada cuaca yang terjadi secara instan. Orang yang stress atau terlalu bersemangat oleh sesuatu, berpotensi alami cegukan yang tidak dinginkan.

(BACA JUGA:Jika Cegukan Tak Kunjung Berhenti)

Namun taukah Anda, jika berlangsung terlalu lama, dalam hal ini dua hari atau lebih, maka mencari pertolongan medis sesegera mungkin adalah yang dianjurkan ahli.

Perlu disadari, cegukan yang terjadi lebih dari dua hari bisa menandakan kondisi tertentu seperti iritasi pada gendang telinga, yang menurut ahli via Alodokter, bisa diakibatkan oleh benda asing.

Selain juga karena radang tenggorokan, dan pembesaran kelenjar tiroid, cegukan yang lebih dari dua hari berlangsung, bisa disebabkan oleh hernia hiatus, gangguan elektrolit dan asam lambung.

Pada kasus serius dan berat, cegukan yang berlangsung lebih dari dua hari lamanya, bisa disebabkan oleh keberadaan tumor atau kista pada tenggorokan.

Penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit Parkinson, gagal ginjal, kanker, atau efek samping kemoterapi juga dapat menjadi faktor pemicu terjadinya cegukan terus-menerus.

Selain itu, cegukan semacam ini dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu mengendalikan cegukan.

Beberapa jenis tindakan medis juga bisa mengakibatkan cegukan terus-menerus, seperti penggunaan kateter pada otot jantung, prosedur bronkoskopi pada paru, dan prosedur trakeostomi pada leher.

Bahkan, gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi minuman beralkohol berlebihan dan merokok juga dapat memicu cegukan terus-menerus.

Selain juga bisa dipicu oleh stroke, cegukan yang berlangsung lama bisa menandakan keberadaan kondisi medis tertentu, seperti  gagal ginjal dan diabetes atau penyakit gula.

Cara Menghentikan Cegukan

Menurut spesialisas terapi trigger-point, Michele M. Macomber, M.D., memberi sedikit dorongan pada uvula adalah rahasia menghentikan cegukan.

Ya, dengan memberi sedikit presure pada organ kecil yang menggantung di tenggorokan Anda ini, masalah cegukan dapat diselesaikan lebih cepat.  

Berikut cara menghentikan cegukan seperti dilansir Women’s Health Mag:

1. Makan sepotong roti
2. Makan sesendok penuh gula pasir
3. Minum air putih dalam posisi terbalik

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: