Antam Sumbang Rp2,05 Triliun Ke Kas Negara di Tahun 2021, Dari Pajak, Non Pajak dan Dividen

Antam Sumbang Rp2,05 Triliun Ke Kas Negara di Tahun 2021, Dari Pajak, Non Pajak dan Dividen

Ilustrasi - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk / Antam-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Aneka Tambang Tbk / Antam (Kode saham: ANTM) berhasil mencatatkan kinerja positif di sepanjang tahun 2021, dengan sumbangan pemasukan ke kas negara senilai Rp2,05 triliun, yang berasal dari setoran pajak, non pajak hingga dividen. 

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie, di Jakarta, Senin 11 Juli 2022. 

Menurut Syarif, perseroan yang juga anggota Holding Industri Pertambangan (MIND ID) ini mencatatkan kenaikan pemberian kontribusi kepada negara sebesar 170 persen. 

Sumbangan ke kas negara pada tahun 2021 senilai Rp2,05 triliun itu lebih tinggi dibandingkan periode 2020 yang hanya sebesar Rp758,81 miliar.

"Sebagai Perusahaan yang menjadi salah satu sumber pendapatan negara, Antam senantiasa patuh dalam melakukan pembayaran pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan dividen. Kami juga senantiasa berkomitmen untuk mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku terkait pajak maupun PNBP ," tulis Syarif dalam keterbukaan informasi publik BEI.

Sebagai upaya transparansi, perusahaan juga mengedepankan keterlibatan dan partisipasi pihak otoritas pajak untuk melakukan audit restitusi perpajakan. 

Keterlibatan otoritas pajak dalam audit dilakukan untuk menjaga transparansi dan memastikan bahwa perusahaan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Sebagai apresiasi atas komitmen kepatuhan perusahaan dalam pemberian kontribusi kepada negara, pada tahun 2021 Perusahaan meraih Subroto Award kategori Wajib Bayar dengan Tingkat Kepatuhan Pembayaran PNBP Tertinggi - Izin Usaha Pertambangan BUMN.

"Kedepannya, kami juga berkomitmen untuk selalu meningkatkan kontribusi kepada negara," pungkas dia.

Sumber: