Bagian Daging Kambing yang Aman untuk Penderita Darah Tinggi, Cek di Sini Kalau Belum Tau

Bagian Daging Kambing yang Aman untuk Penderita Darah Tinggi, Cek di Sini Kalau Belum Tau

Sate Kambing, Image oleh oleh Ali Burhan dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Umat muslim di dunia termasuk di Indonesia akan merayakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada akhir pekan ini.

Dan yang menarik dan khas soal Idual Adha setiap tahunnya, adalah hari raya ini kerap dikaitkan dengan konsumsi salah satunya daging kambing.
 
Tidak hanya sate kambing, menu lain seperti gule kambing kerap menjadi pilihan utama setiap Lebaran Haji, nama lain hari raya ini.

(BACA JUGA:Jenis Buah yang Satu Ini Bantu Turunkan Darah Tinggi dan Tingkatkan 'Keperkasaan' Pria)

Namun yang kerap diperdebatkan oleh banyak orang terkait konsumsi daging kambing adalah efeknya terhadap penderita darah tinggi.

Perlu disadari, sebuah studi yang dirilis pada Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, berhasil menemukan fakta menarik terkait makan daging kambing dan efeknya terhadap darah tinggi.

Menurut kesimpulan studi ini makan daging kambing, bahkan pada pria dewasa muda dengan tekanan darah normal sekalipun, dapat menyebabkan peningkatan pada tekanan darah.

Kesimpulan ini diambil para peneliti usai usai mempelajari data atas 28 partisipan lelaki dewasa berusia muda, antara 20 hingga 25 tahun.

Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, adalah mereka dengan indeks masa tubuh 18-25 m/kg2, tekanan darah < 140/90 mmHg, bukan perokok, peminum kopi, dan penderita penyakit kronis.

Namun perlu didari juga, tidak semua studi menunjukan hasil yang sama, dan bahwa ada juga studi yang mengklaim bahwa konsumsi daging kambing tidaklah seperti yang ditakutkan.

Kalau sudah begini, alangkah bijaknya jika Anda yang darah tinggi namun hobi makan daging kambing, untuk lebih rutin mengontrol tekanan darah tinggi Anda, dan tidak melewatkan jadwal minum obat Anda.

Dan pun jika Anda memang harus atau sulit untuk menahan godaan daging kabing, ada beberapa bagian daging kambing, yang disarankan dokter untuk Anda santap namun dianggap cukup aman untuk kondisi Anda.

Menurut dr. Adhi Pasha, mereka yang darah tinggi disarankan untuk memilih daging kambing, yang tidak banyak mengandung lemak.

Untuk tiu, kata dia, pilihlah daging kambing yang tidak mengandung banyak lemak. Untuk daging kambing dengan kandungan lemak rendah, Anda bisa memilih daging kambing bagian punggung, daging khas dalam, ataupun daging kaki.

“Hindari juga jeroan hewan,” kata dr. Adhi Pasha seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga menambahkan bahwa konsumsi daging kambing bagi penderit darah tinggi, pada dasarnya masih terbilang aman namun dengan catatan.

“(Aman) jika cara memilih daging, mengolah dan membatasi asupan tetap terjaga dan juga tetap melakukan tindakan pendukung seperti berolahraga secara rutin dan menjaga berat ideal, (selain rutin minum obat).’









DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: