Sendi Kaku dan Nyeri saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Sendi Kaku dan Nyeri saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Nyeri dan Kaku pada Persendian, Image Zina Zabudkina--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda terbangun di pagi hari dan menyadari ada yang salah dengan persendian Anda. Yang dimaksud di sini adalah nyeri dan rasa kaku pada persendian, baik di tangan atau pun di kaki.

Lalu yang Anda tanyakan di sini adalah, apa yang penyebabkan persendian Anda terasa kaku waktu Anda terbangun dari tidur?

Menurut ahli, selain karena cedera sendi, nyeri sendi yang dirasakan saat bangun tidur ini bisa dikaitkan dengan artritis atau yang dalam Bahasa Indonesianya adalah radang sendiri.

(BACA JUGA:Perawatan Jenis Ini Bantu Penderita Rematik Redakan Nyeri Persendian)

“Kondisi ini dapat berupa radang sendi karena penumpukan kadar asam urat, kondisi autoimun, ataupun karena kondisi degeneratif,” kata dr. Rininta seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Selain bisa juga efek samping dari penggunaan obat tertentu, khususnya obat yang dikonsumsi dalam janga panjang, nyeri sendi yang dirasakan saat bangun tidur, bisa juga sebagai efek dari infeksi yang terjadi pada tubuh.

“Infeksi virus yang dapat menyerang tubuh secara general, umumnya disertai atau didahului oleh nyeri sendi dan otot,” ungkap dia.

Cara Meredakan Nyeri Sendi

Menurut dr. Rininta, Anda dapat memanfaatkan kompres hangat atau dingin untuk meredakan nyeri sendi yang Anda keluhkan, cukup meletakan kompres pada area yang terdampak.

Atau bisa juga dengan menggunakan salep yang di dalamnya mengandung analgesic, dan pastikan bahwa pada label salep yang Anda beli ini terdapat label lingkaran hijau pada kemasannya.

“Bila nyeri sendi anda semakin memburuk, atau disertai bengkak hebat dan kemerahan, maka sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter,” tutup dr. Rininta.

Apa Mandi Malam Picu Nyeri Sendi?

Apakah kebiasaan mandi malam ini berdampak pada nyeri sendi dan otot, yang kemudian diklaim mereka yang hobi mandi malam?

Jawabnya menurut ahli adalah tentu saja tidak, karena kondisi itu bisa jadi disebabkan oleh penyebab lain.

Penyebab lain yang dimaksud di sini adalah aktivitas sehari-hari seperti sering berdiri terlalu lama, mengangkat beban berat, melompat, olahraga berlebih, dan cedera atau keseleo, selain juga karena flu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: