Bea Cukai Soekarno Hatta Kawal Bersama Impor Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku

Bea Cukai Soekarno Hatta Kawal Bersama Impor Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku

Al Muktabar, Penjabat (Pj) Gubernur Banten didampingi Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan saat konferensi pers kedatangan vaksin PMK dari Prancis.-dok-bea cukai

TANGERANG, FIN.CO.ID - Bea Cukai Soekarno Hatta bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta untuk mengawal kedatangan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Sebanyak 94.000 dosis vaksin PMK diimpor dari Prancis telah tiba di Indonesia pada Senin, 4 Juli 2022 lalu. 

Importasi vaksin PMK memanfaatkan layanan Rush Handling dari Bea Cukai Soekarno-Hatta, yaitu layanan penanganan segera terhadap barang impor yang peka waktu, sesuai yang diatur pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.04/2021 tentang Pengeluaran Barang Impor untuk Dipakai dengan Pelayanan Segera.

(BACA JUGA:Jalin Sinergi, Bea Cukai Pastikan Pelayanan dan Pengawasan Optimal)

“Kedatangan vaksin ini merupakan yang ketiga kalinya, melengkapi rangkaian Importasi vaksin PMK Aftopor dengan jumlah keseluruhan mencapai 3.104.000 dosis,” ujar Al Muktabar, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, pada konferensi pers yang digelar di gudang PT JAS, Senin, 4 Juli 2022.

Al Muktabar menjelaskan bahwa secara statistik, potensi kerugian negara akibat wabah PMK di Indonesia mencapai Rp9,9 triliun per tahun, yang diakibatkan penurunan produksi ternak, kematian hewan ternak, dan pelarangan/pembatasan ekspor produk ternak dan turunannya. 

Maka dari itu, pengawalan impor vaksin ini merupakan upaya nyata dan keseriusan pemerintah dalam menanggulanginya.

(BACA JUGA:Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Tetapkan Fasilitas Kepabeanan pada Dua Perusahaan Berikut)

Finari Manan, Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, menambahkan bahwa Bea Cukai Soekarno Hatta terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait demi kelancaran importasi vaksin PMK. 

“Koordinasi ini kami lakukan mulai dari pembongkaran muatan dari maskapai penerbangan Emirates EK 356, hingga barang ditimbun di tempat khusus Coolroom gudang PT JAS,” imbuhnya.

Melalui sinergi dan kolaborasi, Bea Cukai Soekarno Hatta senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap berbagai macam importasi yang menyangkut kepentingan masyarakat luas. rls/nrm

 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: