Anda Merasa Nyeri setiap Buang Air Kecil, Awas Anyang-anyangan hingga Batu Ginjal

Anda Merasa Nyeri setiap Buang Air Kecil, Awas Anyang-anyangan hingga Batu Ginjal

Nyeri saat Kencing, Image oleh Ryan McGuire dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anyang-anyangan atau dalam istilah medisnya disuria, adalah sebuah kondisi di mana penderitanya mengeluhkan rasa nyeri setiap kali buang air kecil.

Menurut ahli, via Alodokter, anyang-angan ini umumnya disebabkan oleh masalah pada suluran kemih.

Mereka yang punya kebiasaan menahan buang air kecil atau kencing, adalah mereka yang berpotensi mengalami anyang-anyangan.

(BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Anda Keseringan Kencing)

(BACA JUGA:Jika Aroma Kencing Anda Tak Sedap)

Selain dikarenakan oleh infeksi saluran kemih, anyang-anyangan juga bisa dipicu oleh infeksi kandung kemih, batu ginjal, hingga penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia.

Akan tetapi menurut ahli, anyang-anyangan yang terjadi pada kaum wanita umumnya disebabkan oleh kondisi kronis, dalam hal ini diabetes.

Jika bukan karena penyakit atau kondisi medis, anyang-anyangan ini umumnya disbebakan oleh prosedur tertentu, seperti sunat, pemasangan kateter, atau operasi saluran kemih.

Pertanyaannya, apakah anyang-anyangan ini berbahaya, perlukah Anda khawatir akan kondisi ini?

Menurut dokter, anyang-anyangan pada dasarnya bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Malahan, Anda bisa mengatasinya secara mandiri di rumah.

Meski begitu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memeriksakan kondiri ke dokter, guna mencari tau penyebab sebenarnya, lantara diagnosa Anda bisa saja salah.

Dengan bertemu dokter spesialis, mereka yang mengalami nyeri saat buang air kecil, bisa mengetahui apa sebenarnya yang menjadi masalahnya di sini.

Kesulitan Menahan Buang Air Kecil

Buang air kecil adalah salah satu proses tubuh membuang limbah dari sistemnya. Namun apa yang terjadi ketika seseorang tidak memiliki kemampuan, untuk menahan keinginannya buang air kecil?

Menurut ahli, sebagaimana dilansir Mayo Clinic, kondisi inilah yang dinamakan dengan Inkontinensia urine.

Kondisi ini sendiri lanjut dia, disebabkan oleh ketidakmampuan orang mengontrol kandung kemihnya.

Salah satu cirinya adalah mereka yang bisa tiba-tiba kencing, meski tidak banyak, di saat mereka bersin atau terbatuk.

Mereka yang harus sesegera mungkin lari ke toilet saat kebelet, lantaran tidak mampu menahannya, adalah yang termasuk dalam kategori ini

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sumber: