Ustaz Adi Hidayat Jadi Sorotan, Usai Klaim Nama Asli Pattimura Jadi Ahmad Lussy

Ustaz Adi Hidayat Jadi Sorotan, Usai Klaim Nama Asli Pattimura Jadi Ahmad Lussy

Ustaz Adi Hidayat Ceramah soal nama asli Pattimura jadi Ahmad [email protected]

JAKARTA, FIN.CO.ID- Ustaz Adi Hidayat menjadi perhatian masyarakat setelah menyebut nama asli Kapitan Pattimura yang menjadi Ahmad Lusi.

Ustaz Adi Hidayat jadi sorotan publik usai video ceramahnya yang mengungkap nama asli Pattimura menjadi Ahmad Lusi, tersebar di media sosial.

Sebagaimana diketahui, nama Kapitan Pattimura biasanya dikenal dengan nama Thomas Lusi, Namun Ustaz Adi Hidayat mengungkapkan jika namanya asli yakni Ahmad Lusi.

(BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Ikut Doakan Eril, Anjurkan Baca Al Fatihah dan Al An'am Ayat ke-59)

(BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Sebut LGBT Harus Dihormati: Tapi Jangan Pernah Difasilitasi dengan Alasan Apapun)

Ustaz Adi Hidayat yang mengungkap nama Pattimura menjadi Ahmad Lusi tersebut pun menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #AhmadLussy yang mencapai 6.405 tweet sejak berita ini diterbitkan.

Pernyataan Ustaz Adi Hidayat yang menyebut nama asli Kapiten Pattimura adalah Ahmad Lussy ini diketahui di kanal Youtube kajian Islam Podcast dengan judul "Ternyata Thomas Matulessy BUKAN Nama Asli Kapiten Pattimura- Ceramah Ust Adi Hidayat Terbaru' yang diunggah pada 26 November 2018.

Dalam video tersebut, Ustaz Adi Hidayat sedang berceramah membahas mengenai nama Pattimura yagg tergambar di mata uang Rp 1.000. Ia mempertegas jika nama asli Pattimura merupakan Ahmad Lusi

"Dulu pernah liat uang 1.000? Di uang 1.000 itu ada 1 gambar namanya siapa? Kapitan Pattimura siapa nama aslinya? Thomas Matulessy. Tuh bayangkan," ujar Ustaz Adi Hidayat.

"Ternyata nama aslinya Kapitan Pattimura itu bukan Thomas tapi Ahmad Lusi, bukan Thomas Matulessy, tapi Ahmad Lusi," tambahnya.

(BACA JUGA:Diduga Selewengkan Dana Umat, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah)

Ustaz Adi Hidayat mempertanyakan kepada para pendengar ceramahnya siapa yang telah mengganti nama asli kapitan Pattimura mnejadi Thomas Matulessy.

"Saya mau tanya pada Anda, siapa yang mempermainkan sejarah kita sehingga bangsa-bangsa sekarang anak cucunya tidak paham tentang para pejuangnya di masa lalu," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Video dakwah Ustaz Adi Hidayat ini viral dan diunggah oleh sejumlah akun di media sosial di Twitter. Salah satu akun  yang turut mengunggah adalah @yaniarsim, pada 3 Juli 2022.

Sumber: