Cara Mengatasi Mata Bengkak akibat Menangis

Cara Mengatasi Mata Bengkak akibat Menangis

Nangis, tangis, menangis | oleh more photos boosty.to/victoria_art_music dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menangis adalah salah satu cara tubuh manusia untuk meluapkan emosi mereka. Terkadang, mengis juga dibutuhkan manusia, karena ada manfaatnya tersendiri.

Akan tetapi, efek dari menangis itu kerap sulit untuk ditutupi, lantaran mata umumnya akan terlihat sembab atau membengkak.

Pertanyaannya, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi mata kembali normal usai menangis?

(BACA JUGA:Namanya Linda, Wanita yang Tidak Bisa Menangis Selama 30 Tahun karena Penyakit)

Well, menurut ahli, via Alodokter, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata bengkak usai menangis, yang bisa dicoba di rumah:

Gunakan kompres dingin

Siapakan handuk atau kain dan air dingin, lalu rendam. Letakan handuk atau kain kompres dingin ini di kedua mata, dan pastikan mata Anda dalam keadaan tertutup. Beri kompres dingin ini kurang lebih sekitar 10 menit untuk merasakan efeknya.  

Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badan

Jika punya banyak waktu untuk menurunkan mata yang bengkak usai menangis, Anda bisa melakukannya melalui tidur dengan posisi kepala ditinggikan.

Kompres timun dingin

Siapkan timun dan cuci terlebih dahulu, buat dua irisian timun dan diletakan pada mata yang bengkak. Ganti kompres timun jika dinginnya sudah tidak lagi dirasakan.

Kompresi kantong teh dingin

Pastikan untuk terlebih dahulu menyiapkan dua kantong the yang sudah dibasahi dan simpan dalam kulkas selama 20 menit. Beri kompres kantong es teh dingin di kedua mata.

Tutupi dengan Makeup

Ini jika Anda tidak sama sekali sempat atau punya banyak waktu untuk menurunkan mata yang bengkak akibat menangis. Dengan concealer, Anda bisa menyamarkan mata bengkak untuk sementara waktu.

Manfaat Menangis

Menangis adalah salah satu cara bagi tubuh untuk bereaksi, terhadap rasa sakit baik itu fisik maupun secara emosional.

Namun masalahnya, ada sebagian orang yang berpendapat bahwa hanya orang cengeng saja yang menangis.

Padahal di balik tetesan air mata itu, ada manfaat luar biasa yang ditawarkan dari menangis.

Menurut ahli, via Healthline, dengan menangis orang dapat mengurangi perasaan tertekan yang disebabkan sebuah peristiwa.

Ketika menangis tubuh akan memproduksi sebuah hormon bernama endorfin, hormon ini adalah zat kimia yang ciptakan untuk memberikan perasaan senang.

Dengan begitu, menangis dapat membantu orang memperbaiki mood-nya yang sedang rusak. Dengan menangis pula, orang sekaligus membersihkan sedikit toksin dari tubuhnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: