Beda Perlakuan Saat Putin Sambut Jokowi Dibanding Emmanuel Macron

Beda Perlakuan Saat Putin Sambut Jokowi Dibanding Emmanuel Macron

Presiden Jokowi bersama Presiden Vladimir Putin di Moskow, Rusia -Sekretariat Presiden-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Kamis lalu jadi sorotan netizen di media sosial.

Sebab, terlihat ada perbedaan perlakuan Presiden Putin terhadap Presiden Jokowi saat menerimanya sebagai tamu kenegaraan di Istana Kremlin, Moskow. 

Adalah Politikus PDI-Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengungkapkan hal tersebut. Budiman mengunggah beberapa foto perbandingan perlakuan Putin terhadap Jokowi dan pejabat dari Negara lain. 

Foto pertama, terlihat Presiden Putin saat menerima Jokowi di Istana Kremlin, keduanya duduk berdekatan hanya berjarak satu meter. 

(BACA JUGA:Vladimir Putin 'Bocorkan' Pembicaraannya dengan Jokowi, Apa Saja Isinya? )

Sementara foto yang lain, terlihat Putin saat menerima Presiden Prancis Emmanuel Macron di sebuah meja panjang. Keduanya duduk berjarak dengan sebuah meja panjang sekitar 10 meter lebih. Begitu juga dengan pejabat Jerman Olaf Scholz.   

"Bawah: saat Putin menerima Macron (dr negerinya Napoleon yg menyerbu Rusia) & Olaf Scholz (dr negerinya Hitler yg menyerbu Rusia). Atas: saat Putin menerima pak @jokowi (dr negerinya Bung Karno, sohib lama Rusia)," tulis Budiman di akun Twitter pribadinya, dikutip FIN Sabtu 2 Juli 2022. 

(BACA JUGA:Jokowi Sampaikan ke Putin Ingin Melihat Perang Usai, Prof Henri Subiakto Komentar Begini)

"Beda saat menerima Pres. Prancis di meja panjang dgn kursi berjauhan, saat jumpa dgn pak @jokowi, Vlad Putin menerimanya di kursi berdekatan," sambung Budiman.

Ada pun Putin yang saat itu enggan berdekatan dengan Presiden Prancis Macron, sebab Macron menolak untuk melakukan tes COVID-19 sebelum pertemuan.

Lebih lanjut Budiman menilai, perlakuan Putin ke Jokowi karena Indonesia dan Rusia punya kedekatan sejarah. "Sejarah dan bahasa tubuh tak pernah bohong," tulis Budiman.

 

Diberitakan, dalam pertemuan Jokowi dan Putin di Moskow, kedua pemimpin negara itu berdialog tentang dampak perang Rusia dan Ukraina terhadap pasokan pangan dan pupuk ke negara-negara berkembang.

(BACA JUGA:Di Hadapan Putin, Jokowi: Indonesia Siap Jembatani Perdamaian Ukraina-Rusia)

Sumber: