Luka Tidak Kunjung Sembuh, Ini Daftar Penyebabnya Menurut Dokter selain karena Diabetes

Luka Tak Kunjung Sembuh, Image oleh saulhm dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Luka adalah terputusnya keutuhan struktur jaringan lunak. Proses penyembuhan luka sendiri beragam antara orang satu dan lainnya.

Pada kasus tertentu, ada yang mengalami kesulitan dalam proses penyembuhan luka.

Pertanyannya, apa yang menyebabkan luka sulit mengering untuk mempercepat proses penyembuhan?

(BACA JUGA:Alasan Mengapa Bekas Luka Menghitam)

.

(BACA JUGA:Alasan Mengapa Luka Penderita Diabetes Susah Kering, Awas Fatal Risikonya)

Kondisi ini menurut dr. Caroline, bisa dikaitkan dengan beberapa faktor pemicu, mulai dari yang ringan hingga yang serius.

Ya, menurut penjelasan dr. Caroline, mereka yang kekurangan gizi dapat mengalami perlambatan dalam proses penyembuhan luka.

Mereka yang kekurangan gizi dalam hal ini protein, disebut dapat memperlambat proses tertutupnya luka.

Mereka yang diabetes, atau punya gula darah yang tinggi, juga memiliki kecenderungan yang sama. Menurunnya fungsi pembuluh darah, meningkatkan potensi infeksi selain juga gangguan pada saraf di sekitar luka.

Penderita penyakit arteri perifer dan mereka yang sudah berusia lanjut, juga akan mengalami perlambatan dalam proses penyembuhan lukanya.

Untuk mempercepat proses luka ini sembuh, ada beberapa tips yang bisa dipraktekan dan dicoba sebelum Anda memutuskan ke dokter.

“Anda dapat mendukung proses penyembuhan luka dengan makan makanan bergizi,” jelas dr. Caroline seperti dikutip FIN dari Alodokter.  

“(Anda juga harus) mengontrol kadar gula darah Anda bila Anda merupakan penderita diabetes dengan obat dari dokter, sesuai dengan anjuran dari dokter yang merawat,” lanjut dia.

Dr. Caroline juga menambahkan jika luka pada umumnya lebih cepat sembuh, apabila mereka yang terluka berada di ruangan atau lingkunan dengan tingkat kelembaban yang cukup.

Akan tetapi ketika upaya mandiri yang Anda tempuh ini tidak menunjukan hasil, maka tidak ada cara lain selain mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apabila luka tersebut tidak kunjung sembuh hingga lebih dari 1 bulan, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah secara langsung,” ujar dr. Caroline menyarankan.

Topik:
Sumber :

BERITA TERKAIT