Wow, iPhone Mendatang Bakal Bisa Dipakai dalam Kondisi Hujan atau Basah

iPhone Basah, Image oleh Dariusz Sankowski dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kebanyakan smartphone high-end jaman sekarang, sudah dibekali dengan fitur tahan air, membantu pengguna untuk tetap bisa menggunakan ponsel mereka meski dalam keadaan basah.

Akan tetapi pada kebanyakan kasus, smartphone dengan layar yang basah akan menghalangi pengguna untuk menggunakan ponsel mereka dengan benar.

Ya, ketika layar smartphone terpapar air, contohnya saat kehujanan atau terpapar tumpahan atau cipratan air, maka mereka yang sedang mengetik pesan atau mencoba mengakses aplikasi tertentu di ponsel mereka, akan kesulitan untuk menggunakannya secara normal.

Inilah yang coba diatasi oleh Apple lewat teknologi terbaru mereka, dan rencananya bakal diaplikasikan pada iPhone-iPhone mendatang.

Menurut sebuah paten yang diungkap Forbes, via TechRadar, iPhone mendatang akan dibekali dengan fitur yang mampu mengenali yang mana jari pengguna yang mana itu air, dengan mengenali tingkat kelembaban di atas layarnya.

Jadi ketika yang menyetuh layar adalah air, maka hal ini tidak akan memaksa iPhone untuk mengenalinya sebagai jari, mencegah kesalahan dalam melakukan input, atau perintah.

Untuk memungkinkan hal itu terwujud, Apple mungkin harus melakukan beberapa perubahan besar, termasuk perubahan pada kontrol dan antarmuka yang dimilikinya oleh iPhone dan juga mungkin perangkat Apple lainnya.

Belum jelas kapan teknologi ini nantinya akan mulai diaplikasikan. Apakah iPhone 14 bakal jadi iPhone pertama dengan fitur ini, only time will tell.

Rumor iPhone Flip

Akan tetapi menurut bocoran terbarunya yang diungkap The Elec, via TechRadar, kedatangan iPhone flip ini mungkin hanya soal menunggu waktu.

Hal ini terkait dengan layar OLED jenis baru yang tengah dipesan Apple,  di duga untuk iPhone Flip (bukan nama resminya).

Menurut The Elec, absennya polarizer, salah satu lapisan yang umumnya digunakan pada layar ponsel, bisa membantu menghasilkan layar yang lebih tipis, which is optimal untuk penggunaan ponsel berlayar lipat.

Sebelumnya, teknik ini sudah terlebih dahulu digunakan Samsung pada Galaxy Z Fold 3.
Akan tetapi menurut Tom Bedford dari TechRadar, bukan berarti iPhone berlayar lipat akan datang dalam waktu dekat ini.

Apple sendiri menurut banyak pihak, tidak ingin terburu-buru dalam hype yang diciptakan para pesaingnya.

Belajar dari kesalahan produsen lain, dan menciptakan sesuatu yang lebih baik, adalah apa yang diyakini tengah dilakukan perusahaan asal Cupertino itu.

Topik:
Sumber :

BERITA TERKAIT