Tarif Listrik Naik Bulan Juli, Begini Cara Turun Daya Listrik PLN yang Perlu Diketahui

Tarif Listrik Naik Bulan Juli, Begini Cara Turun Daya Listrik PLN yang Perlu Diketahui

Ilustrasi - Tarif Listrik PLN Naik-Sekretariat Kabinet-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai 1 Juli 2022 akan berlakukan kenaikan tarif listrik.

Kenaikan tarif listrik di bulan Juli ini untuk golongan bagi pelanggan rumah tangga mampu nonsubsidi yang menggunakan daya listrik sebesar 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas.

Keputusan naikan tarif listrik ini sesuai dalam surat menteri ESDM No. T-162/TL.04/MEM.L/2022 tanggal 2 Juni 2022 tentang penyesuaian Tarif tenaga listrik (periode Juli-September 2022).

(BACA JUGA:Siap-siap! Tarif Listrik Naik Mulai Besok, Golongan Ini Jadi Sasaran)

(BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Bekasi Dorong Perusahaan Mengembangkan Energi Listrik Terbarukan Tenaga Surya)

Nantinya pelanggan rumah tangga daya di atas 3.500 VA akan dinaikan tarif listrik dari Rp 1.444,7 per Kilowatthour (kWh) jadi Rp1,699,53 per kWh.

Kenaikan tarif  listrik mulai Juli, dibenarkan oleh Direktur Pembinaan Program Ketenaga Listrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu.

"Automatic tariff adjustment (penyesuaian tarif secara otomatis, Red) berlaku mulai besok, 1 Juli 2022," Ucap Jisman dalam Webinar Ruang Energi, pada kamis 30 Juni 2022.

Terusnya kenaikan tarif listrik tidak akan menyentuh kepada golongan masyarakat tidak mampu yang menerima subsidi listrik.

"Kalau dilihat dari angka rupiahnya, saya yakin ini tidak berdampak banyak, tidak memberatkan kepada masyarakat yang sudah sangat mampu dan mewah ini dan pemerintah," jelasnya.

(BACA JUGA:Di Hadapan Putin, Jokowi: Indonesia Siap Jembatani Perdamaian Ukraina-Rusia)

Jika pelanggan rumah tangga dengan daya di atas 3.500 VA mengalami keberatan atas kenaikan tarif, bisa melakukan pengajuan penurunan daya listrik.

Berikut cara turun daya listrik PLN.

Pelanggan rumah tangga daya di atas 3.500 VA bisa ajukan permohonan terlebih dahulu secara langsung ke kantor PLN terdekat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: