Makan Kacang Bikin Jerawatan, Fakta atau Mitos? Ini Kata dr. Devika

Makan Kacang Bikin Jerawatan, Fakta atau Mitos? Ini Kata dr. Devika

Jerawat, Image oleh Carlos Insignares dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sejak dahulu kita sering mendengar klaim yang mengatakan bahwa makan kacang, dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat yang tidak diinginkan.

Pertanyaannya, benarkah klaim makan kacang bikin jerawatan atau itu hanya sekedar mitos?

Dan ternyata menurut ahli, apa yang dikata orang itu ternyata tidaklah benar adanya.

“Banyak mitos yang beredar mengenai jerawat. Salah satu mitos yang terkenal di masyarakat adalah mengenai makan kacang bisa menyebabkan jerawat, hal tersebut hanyalah mitos,” kata dr. Devika Yuldharia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Justru menurut dr. Devika, konsumsi kacang pada dasarnya dapat membantu mencegah pertumbuhan jerawat yang kerap menggangu penampilan itu.

Hal ini menurut dia, ada hubungannya dengan kandungan asam lemak omega 3 yang dikandung oleh kacang itu sendiri.

“Asam lemak omega 3 (ini) berfungsi untuk mengurangi inflamasi / peradangan di sekitar kelenjar minyak. Dengan demikian kacang justru bisa membantu mencegah jerawat,” jelas dia.

Dan justru, lanjut dr. Devika Yuldharia jika ingin terhindar dari jerawat, yang perlu dihindari adalah jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng, hingga produk-produk berbasis susu.

“Beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan secara berlebihan agar tidak berjerawat yaitu keripik kentang, kentang goreng, roti, cabai, kue, soda, jus buah yang dicampur susu dan gula, susu, keju, dan produk olahan susu yang lain,” ungkapnya.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

menurut ahli,  via Healtline, masalah noda hitam akibat jerawat ini bisa dihilangkan dengan cara mengaplikasikan cairan yang diprduksi oleh aloe vera.

Ya, dengan mengoleskan lidah buaya pada noda hitam bekas jerawat, Anda bisa mendapatkan kembali kepercayaan diri yang sempat hilang.

Namun jika lidah buaya bukan untuk Anda, atau Anda tidak tertarik untuk menggunakannya, konsumsi vitamin C sangat dianjurkan untuk membersihkan sisa jerawat yang terlihat menghitam.

Penggunaan tabir surya dengan kadar SPF setidaknya 30 adalah juga yang dianjurkan.


Sumber: