Jenis Suplemen untuk Mengatasi Badan yang Gampang Lelah

Jenis Suplemen untuk Mengatasi Badan yang Gampang Lelah

Badan Gampang Lelah, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tidak sedikit orang yang kerap mengeluhkan badan yang mudah capek atau gampang lelah.

Penyebab orang gampang lelah, ada yang karena gangguan tidur, ada juga yang disebabkan oleh depresi dan gangguan kecemasan.

Pada kasus yang tidak kalah beratnya, ada kondisi bernama chronic fatigue syndrome (CFS) atau kelelahan kronis, hingga diabetes.

(BACA JUGA:Badan Mudah Lelah dan Gampang Kedinginanan, Mood Juga Naik Turun? Ini Daftar Penyakitnya Menurut Dokter)

Namun pada kasus lain, mereka yang gampang lelah mungkin mengalami kondisi bernama anemia defisiensi besi.

“Beberapa keluhan dan gejala yang mengalami anemia defisiensi besi adalah lemah, letih, lesu, sesak napas, pusing berkunang-kunang, mengantuk, sakit kepala, dan denyut jantung meningkat,” kata dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ada pun penyebab kondisi ini menurut dr. Riska, adalah dipicu oleh beberapa faktor, seperti “perdarahan misalnya saat menstruasi, kehamilan, atau malabsorbsi makanan, mengalami infeksi, dan sebagainya”.

Untuk mereka dengan masalah anemia defisiensi zat besi, dapat diganti dengan mengkonsumsi suplemen zat besi.

Akan tetapi ia mengingatkan mereka yang berniat mengkonsumsi suplemen zat besi, untuk mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran yang tertulisa dalam kemasan, guna menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan.

“Selain itu pada suplemen zat besi sirop, botol perlu dikocok sebelum mengonsumsinya. Zat besi lebih mudah terserap bila dikonsumsi 1 jam sebelum makan atau saat perut masih dalam keadaan kosong,” jelas dr. Riska Larasati.

Adapun efek samping yang mungkin muncul dari konsumsi suplemen zat besi, lanjut dia, adalah sembelit, mual, muntah, mulut terasa pahit, BAB yang terlihat kehitaman, sakit perut juga diare.

Ia juga tidak menyarankan konsumsi suplemen zat besi untuk diteruskan, apabila ternyata kondisi Anda tidak juga membaik, atau malah justru bertambah buruk.

“Namun bila keluhan cenderung memberat maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter,” ujarnya menyarankan.

Depresi, Gangguan Kecemasan dan CFS

Anda punya keluhan seperti badan yang gampang lelah, mood yang naik turun, dan kerap merasa kedinginan?
 
Susah konsentrasi juga apa yang Anda keluhkan, selain juga mengalami gangguan tidur.

Keluhan yang demikian ini bisa dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan seperti salah satunya gangguan depresi dan gangguan kecemasan.

Tidak hanya gangguan depresi dan gangguan kecemasan, orang yang kerap mengeluhkan rasa lelah dengan masalah pada moodnya, bisa dikaitkan dengan kondisi seperti sindrom kelelahan kronis dan gangguan tiroid.  

Pada kasus yang seperti ini, kunjungan ke ruang dokter sangalah dianjurkan, guna mengenali penyebab dan menemukan penanganan yang tepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: