Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Menurut dr. Marlina

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Menurut dr. Marlina

Terlalu Sering Cuci Muka Bikin Jerawatan, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tidak peduli berapa usia Anda, masalah jerawat adalah sesuatu yang kerap dikeluhkan dari mereka yang remaja hingga dewasa.

Kondisi kulit yang satu ini dapat menyebabkan orang jadi minder atau kurang pede di hadapan orang lain.

Terkadang menyakitkan, peradangan yang terjadi di area kulit wajah ini juga meninggalkan masalah lain, yakni noda hitam di wajah.

(BACA JUGA:Terlalu Sering Cuci Muka Bisa Bikin Jerawat Bertambah, Ini Penjelasannya)

Untungnya, masalah jerawat bukan tanpa solusi, karena dengan memanfaatkan apa yang ditawarkan alam, Anda bisa mengatasi noda hitam yang ditinggalkan jerawat.

Ya, menurut ahli,  via Healtline, masalah noda hitam akibat jerawat ini bisa dihilangkan dengan cara mengaplikasikan cairan yang diprduksi oleh aloe vera.

Ya, dengan mengoleskan lidah buaya pada noda hitam bekas jerawat, Anda bisa mendapatkan kembali kepercayaan diri yang sempat hilang.

Namun jika lidah buaya bukan untuk Anda, atau Anda tidak tertarik untuk menggunakannya, konsumsi vitamin C sangat dianjurkan untuk membersihkan sisa jerawat yang terlihat menghitam.

Penggunaan tabir surya dengan kadar SPF setidaknya 30 adalah juga yang dianjurkan.

Semenetara itu menurut dr. Riza Marlina, penangan jerawat ini sanga tergantung pada kondisi jerawat yang dialami masing-masing orang.

“Penanganan jerawat tergantung bentuk dan tingkat keparahannya,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga sangat tidak menganjurkan orang untuk memecahan jerawat, lantaran dapat memicu infeksi dan justru menyebabkannya sulit untuk hilang.

Terkait dengan penggunaan gel lidah buaya, dr. Riza Marlina mengatakan jika tidak ada jaminan tentang sejauh mana gel ini akan memiliki tingkat efektifitas.

“Anda bisa menggunakan benzoyl peroxide untuk mengatasi jerawat, serta batasi konsumsi makanan yang manis. untuk penanganan lebih lanjut sebaiknya temui dokter secara langsung ya,” tutupnya menyarankan.

Jerawat Bikin Awet Muda

Jerawat diklaim memiliki efek awet muda. Mengapa demikian, karena menurut studi, mereka yang kala mudanya bermasalah dengan jerawat, punya potensi awet muda di hari kemudian.

Ya menurut studi yang dilakukan para peneliti King's College London, hal ini ada hubungannya cara kerja DNA manusia.

"Menurut temuan kami, mereka yang berjerawat memiliki sel yang mampu melindungi (wajah) mereka dari penuaan," kata Dr. Simone Riber dalam sebuah pernyataan.

Memiliki telomer (bagian paling ujung dari DNA linear yang selalu berulang-ulang) lebih panjang pada sel darah putih mereka, menjadi alasan di balik rahasia kulit awet muda orang yang berjerawat di hari kemudian.

Itu artinya, pada mereka yang punya masalah jerawat di masa mudanya, akan proses penuaan yang lebih lamban dari mereka yang tidak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: